Bagaimana perkuliahan di mata kuliah Linguistik Saga?


Bagaimana perkuliahan di mata kuliah Linguistik Saga?

Pada intinya, ilmu linguistik mempelajari segala teori yang bersangkutan dengan bahasa, mulai dari gimana bunyi diproduksi, teori pembentukan kata dan sebagainya. Linguistik merupakan salah satu studi terpenting di jurusan Sastra, sehingga mata kuliah linguistik hukumnya wajib bagi anak Sastra.

Karena cakupannya luas, maka linguistik dibagi ke dalam beberapa mata kuliah seperti Fonologi, Morfologi, Semantik, dan lainnya. Oya, kalau belum lulus salah satu mata kuliah linguistik, maka kita nggak bisa lanjut ke kelas linguistik selanjutnya, lho. Harus ngulang.

Apa, sih, serunya belajar linguistik? Well, karena bahasa itu kompleks, maka ilmu linguistik juga menantang. Kita harus benar-benar memahami teori dan “rumus” pembentukan kata dan bahasa. Sebagai gambaran, dulu nilai ujian di mata kuliah linguistik bisa disamakan dengan umur dan nomor sepatu. Ya, antara 18–19 atau 36–38, hehehe… Berat, bro! Ada juga, lho, senior yang harus mengulang kelas linguistik hingga empat kali karena failed melulu. Tapi jangan takut! Ada juga, kok, mahasiswa yang bisa langsung lulus dengan gemilang, asalkan konsen di kelas, nggak malas belajar dan rajin latihan.

Tingkat kesulitan: 11/10, hehehe.