Bagaimana perkembangan musik K-POP di Indonesia?

EXO, BTS, GOT7, Seventeen, dan WannaOne merupakan sebagian kecil dari begitu banyak grup boyband Korea Selatan yang mendunia. Begitu pula sebaliknya, Girls’ Generation (SNSD), Red Velvet, Twice, BlackPink, dan GFriend merupakan sebagian kecil dari begitu banyak grup girlband Korea Selatan yang sama mendunianya.

Begitu banyak rekor yang mereka pecahkan, baik dari skala Korea Selatan sendiri, maupun skala dunia internasional. Bukan hanya visual yang menjadi daya tarik mereka, melainkan juga kualitas musik, suara dan tarian mereka yang bahkan menjadi viral di hampir semua aplikasi streaming music dan berbagai media sosial.

Masuknya K-pop ke Indonesia di awali dengan munculnya beberapa drama seri Korea yg di tayangkan di siaran televisi Indonesia. Dari sana lah kita mengenal beberapa artis Korea, dan mulai tertarik lebih mengenal tentang Korea juga musiknya. Di darama seri itu biasanya soundtracknya di nyanyikan oleh penyanyi Korea yg tidak jarang juga merupak member salah satu group idola di sana. Misalkan dengan boomingnya dara Boys Before Flower , soundtracknya pun ikut terkenal. Banyak dari soundtracknya yg di nyanyikan oleh boyband dan girlband Korea seperti shinee, kara, ss501, tmax.

Lalu mulailah menjamur fans-fans k-pop di Indonesia. Yang mulanya mungkin hanya mengenal drama-drama Korea jadi berkembang ke musiknya. Dari sana muncul fans-fans fanatik yg akhirnya membuat para idola mereka melirik ke Indonesia untuk dikunjungi dan mengadakan konser. Dimulai dari Rain ke Indonesia menggelar konsernya, lalu di susul dengan kedatangan 2pm , Suju sampai akhirnya SM-Town Konser pun di gelar di Indonesia.

Semakin menjamurlah efek k-pop di Indonesia. Perkembangan K-pop di Indonesia tidak hanya karena mereka menyukai drama-drama Korea tapi juga disebabkan penyanyi Korea memiliki tampang yg cukup menarik. Dengan pria-pria segar yang tampan , wajah wanitanya yang cantik juga sexy. Selain itu juga karena lagu k-pop easy listenng yg maksudnya mudah di dengarkan dan mudah juga di sukai. Jenis musiknya yg ringan, ceria, beatnya yg pas dengan selera generasi kita sekarang menyebabkan makin di sukainya jenis musik k-pop di Indonesia. Tidak heran fans k-pop di Indonesia sekarang bisa sebanding dengan fans musik barat yg tadinya lebih dulu berkembang di Indonesia.

Referensi