Bagaimana perkembangan ekonomi digital di Indonesia?

Ekonomi digital merupakan wujud ekonomi modern berbasis teknologi yang dijadikan gaya hidup oleh kebanyakan masyarakat dewasa ini, tak terkecuali di Indonesia. Tak hanya gaya hidup yang berubah, perilaku konsumsi masyarakat kini juga sudah mulai mengadaptasi teknologi yang menjadikan ekonomi digital semakin berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu. Perilaku konsumsi masyarakat ini bisa kita lihat dari semakin maraknya belanja online yang tak hanya memudahkan masyarakat untuk berbelanja, namun juga menjaganya tetap aman karena pandemi COVID-19 yang masih ada hingga sekarang.

Menurut Youdics, bagaimana perkembangan ekonomi digital di Indonesia ?

Summary

Kumparan

5 Likes

perkembangan ekonomi digital di Indonesia saat ini sudah cukup berkembang mengikuti pergerakan ekonomi. aku pernah baca bahwa ekonomi digital di Indonesia di tahun 2020 sudah menigkat sebesar 11% dibandingkan tahun 2019. sehingga menurut aku ini memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia di tengah pandemi ini.
namun, bagaimana dengan data pengangguran di Indonesia yang meningkat? apakah ekonomi digital tidak memberikan manfaatnya secara merata?

1 Like

ekonomi digital itu memiliki manfaat dan dampak, salah satunya adalah layanan ekonomi digital ini dapat mengancam bertambahnya jumlah pengangguran. Sebagai contoh, para pengusaha yang menyerap tenaga kerja sebagai penjaga toko ataupun kasir akan diberhentikan. Hal itu dikarenakan dengan adanya layanan ekonomi digital, penjual bisa bertransaksi langsung melalui layanan yang ada dengan cara yang mudah. Pada gerbang tol, yang semula melakukan transaksi pembayaran melalui penjaga tol, saat ini hanya menggunakan kartu e-toll untuk membayarnya.

1 Like

Menurutku perkembangan ekonomi digital di Indonesia sekarang ini sudah pesat. Hal ini dipengaruhi oleh masyarakat Indonesia yang kebanyakan memiliki smartphone. Seperti yang dilansir oleh Databoks menyebutkan bahwa berdasarkan laporan Newzoo pengguna smartphone di Indonesia telah menempati posisi keempat sebagai pengguna smartphone terbanyak dengan 160,23 juta pengguna. Dengan banyakanya pengguna smartphone membuka pintu lebar transaksi jual beli online.Sekarang banyak kita temui seperti e-commerce yang menghubungkan penjual dan pembeli untuk kegiatan jual beli. Selain itu, sekarang kita tidak perlu ribet membawa uang untuk membeli sesuatu karena bisa menggunakan e-wallet sebagai alat pembayaran. Dibalik kemudahan dalam bertransaksi, sebagai masyarakat harus bijak dan teliti dalam jual beli.

Ekonomi digital sudah berkembang sangat pesat di Indonesia. Contoh ekonomi digital yang ada di Indonesia adalah marketplace (shopee, lazada, tokopedia, dll), transportasi (gojek, grab, dll), pembayaran/dompet digital (ovo, dana, dll), investasi (ajaib, bibit, dll) dan bidang lainnya.

Terlebih dengan kondisi pandemi saat ini sehingga makin mendorong masyarakat Indonesia melakukan transaksi secara digital.

Ekonomi digital di Indonesia sudah mulai pesat ditambah dengan bank digital di Indonesia semakin mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dan bahwa selama pandemi Covid-19 masyarakat Indnonesia menjadi lebih konsumtif dengan adanya E-commerce seperti shopee dan tokopedia.

Wah! Kalau baca pendapat temen-temen di atas, perkembangan ekonomi digital di Indonesia sudah mulai berkembang ya. Dengan adanya e-commerce, e-money, m-banking dan sistem-sistem yang lain tentunya sangat mempermudah masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi di zaman sekarang. Mungkin kalau dulu untuk membayar listrik atau air kita harus ke kantor pusat atau kantor pos untuk melakukan pembayaran, hari ini kita bisa bayar langsung melalui m-banking atau melalui tempat-tempat terdekat yang menyediakan layanan pembayaran tersebut.

Ya walaupun di setiap hal pasti ada konsekuensi yang terjadi seperti bertambahnya angka pengangguran karena hari ini pekerjaan apapun sudah bisa diganti dengan teknologi. Rasanya memang campur aduk, di satu sisi kita dipermudah untuk melakukan segala hal, di sisi lain terdapat orang yang kehilangan pekerjaan. Semoga bisa menjadi motivasi bagi kita untuk merasa challenging dalm mengikuti perkembangan zaman seperti ini. Ingat, rezeki sudah ada yang atur, tinggal bagaimana kita mengoptimalkan kemampuan yang ada.

Perkembangan ekonomi digital adalah salah satu perkembangan yang sangat signifikan di indonesia. Pada tahun 2018 Google & Temasek mengungkapkan pada hasil penilitiannya bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai potensi besar untuk perkembangan ekonomi digital. Salah satu hal yang mendukung perkembangan internet ekonomi di Indonesia merupakan banyaknya jumlah pengguna internet di Indonesia.

Perkembangan ekonomi digital di indonesia selaras dengan perkembangan Industry 4.0 pada era industri generasi 4.0 ini, ukuran besar perusahaan tidak menjadi jaminan, namun kelincahan perusahaan menjadi kunci keberhasilan meraih prestasi dengan cepat. Hal ini ditunjukkan oleh Uber yang mengancam pemain-pemain besar pada industri transportasi di seluruh dunia atau Airbnb yang mengancam pemain-pemain utama di industri jasa pariwisata.

Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Penelitian dan Pengembangan SDM
Puslitbang Aptika dan IKP. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia Strategi dan Sektor Potensial . Jakarta, Kapuslitbang Aptika dan IKP