Bagaimana perjalanan karir Pablo Picasso?


(Klasika Honesty) #1

Pablo picaso merupakan salah satu pelukis abstrak yang terkenal di Dunia. Dalam merintis karir menjadi seorang pelukis, pasti seseorang memiliki periode atau perjalanan karir. Bagaimana perjalanan karir dari Pablo Picasso?


(Yunita Titisari) #2

Pablo Ruiz Picasso atau yang dikenal dengan Pablo Picasso (lahir 25 Oktober 1881 – meninggal 8 April 1973 pada umur 91 tahun) merupakan seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20.

Perjalanan karir Pablo Picasso

  • The Blue Period (1901-1904)
    Para kritikus seni dan sejarawan biasanya mematahkan karir dewasa Pablo Picasso ke periode yang berbeda, yang pertama berlangsung dari 1901 hingga 1904 dan disebut “Periode Biru,” setelah warna yang mendominasi hampir semua lukisannya selama tahun-tahun ini. Pada pergantian abad ke-20, Picasso pindah ke Paris, Prancis - pusat budaya seni Eropa - untuk membuka studionya sendiri. Kesepian dan sangat tertekan atas kematian sahabat dekatnya, Carlos Casagemas, ia melukis adegan kemiskinan, isolasi dan kesedihan, hampir secara eksklusif dalam nuansa biru dan hijau. Lukisan paling terkenal Picasso dari Blue Periode termasuk “Blue Nude,” “La Vie” dan “The Old Guitarist,” ketiganya yang selesai pada tahun 1903.

  • The Rose Period (1904-1906)
    Pada tahun 1905, Picasso telah sangat mengatasi depresi yang sebelumnya telah melemahkannya, dan manifestasi artistik dari semangat Picasso yang ditingkatkan adalah pengenalan warna yang lebih hangat - termasuk beiges, merah jambu dan merah-dalam apa yang dikenal sebagai “Rose Period” nya (1904 - 06). Tidak hanya dia jatuh cinta dengan model cantik, Fernande Olivier, dia baru makmur berkat dukungan murah hati dari dealer seni Ambroise Vollard. Lukisan-lukisannya yang paling terkenal dari tahun-tahun ini termasuk “Family at Saltimbanques” (1905), “Gertrude Stein” (1905-06) dan “Two Nudes” (1906).

  • African Influence (1907-1909)

  • Cubism (1909-1918)
    Kubisme adalah gaya artistik yang dipelopori oleh Pablo Picasso dan temannya dan sesama pelukis, Georges Braque. Dalam lukisan Kubisme, benda-benda dipecahkan dan disusun kembali dalam bentuk abstrak, menyoroti bentuk geometris kompositnya dan menggambarkannya dari berbagai perspektif simultan untuk menciptakan efek yang menantang fisik, seperti kolase. Sekaligus destruktif dan kreatif,

  • Classical Period (1918 - 1927)
    Karya-karya Picasso antara 1918 dan 1927 dikategorikan sebagai bagian dari “Classical Period,” kembalinya ke Realisme dalam karir lain yang diduduki oleh eksperimen. Pecahnya Perang Dunia I mengantar perubahan besar berikutnya dalam seni Picasso. Dia menjadi lebih muram dan, sekali lagi, sibuk dengan penggambaran realitas.

  • Final Years
    Sebagai buntut dari Perang Dunia II, Picasso menjadi lebih terbuka politik, bergabung dengan Partai Komunis. Dia dua kali dihormati dengan Penghargaan Perdamaian Internasional Lenin, pertama pada tahun 1950 dan lagi pada tahun 1961.

sumber: