Bagaimana perjalanan hidup Edvard Munch yang Anda ketahui?

Pelukis adalah seseorang yang menciptakan karya seni 2 dimensi berupa lukisan. Tidak hanya di Indonesia, tapi di dunia ini ada banyak sekali nama-nama pelukis yang terkenal salah satunya adalah Edvard Munch. Karya-karya mereka mampu menginspirasi banyak orang dan memunculkan kekaguman yang dalam. Bagaimana perjalanan hidup Edvard Munch yang Anda ketahui?

Edvard Munch
image

Edvard Munch (IPA: [ɛdvɒ:rt muŋk], Ådalsbruk, Loten, 12 Desember 1863 – Ekely, 23 Januari 1944) adalah pelukis aliran ekspresionisme dan pencetak (printmaker) berkebangsaan Norwegia. Gambarannya terhadap kesengsaraan atau penderitaan sangat memengaruhi perkembangan ekspresionisme di Jerman pada awal abad ke-20.

The Scream (1893; awalnya disebut Despair), lukisan paling terkenal Munch, dianggap sebagai ikon penggambaran penderitaan dan merupakan salah satu bagian dari seri yang disebut The Frieze of Life, di mana Munch mengeksplorasi tema kehidupan, cinta, takut, kematian, dan kesedihan. Sebagaimana halnya dengan banyak karya lainnya, Munch melukis beberapa versi lukisan ini. Salah satu dicuri pada tahun 1994 dan lainnya pada tahun 2004. Kedua lukisan yang dicuri ini akhirnya dapat ditemukan kembali.

Tema The Frieze of Life berulang pada karya-karya Munch selanjutnya, dalam lukisan seperti The Sick Child (1886, lukisan saudara perempuannya yang telah meninggal, Sophie), Vampire (1893–94), Ashes (1894), dan The Bridge. Lukisan terakhir menggambarkan sosok pincang dengan wajah yang samar yang dilatarbelakangi oleh bayangan pohon besar dan rumah yang menakutkan. Munch selalu menggambarkan wanita sebagai sosok yang rapuh, korban yang tak bersalah, atau vampir pencabut nyawa yang mengerikan. Para analis mengatakan bahwa hal ini mencerminkan kecemasan seksualnya.