Bagaimana perjalanan Georges Braque sebagai pelukis?

Pelukis adalah seseorang yang menciptakan karya seni 2 dimensi berupa lukisan. Tidak hanya di Indonesia, tapi di dunia ini ada banyak sekali nama-nama pelukis yang terkenal salah satunya adalah Georges Braque. Karya-karya mereka mampu menginspirasi banyak orang dan memunculkan kekaguman yang dalam. Bagaimana perjalanan karir Georges Braque sebagai seorang pelukis?

Georges Braque


image

Georges Braque (lahir 13 Mei 1882 di Argenteuil, Perancis - meninggal 31 Agustus 1963 di Paris, Perancis pada umur 81 tahun) adalah seorang pelukis Perancis pada abad ke-20 dan penemu gerakan seni Kubisme bersama Pablo Picasso.

Braque mulai mengenal lukisan sejak ia masih kecil.Hal ini dikarenakan ayahnya merupakan seorang pebisnis lukisan. Braque menghadiri kuliah di Akademi Seni Le Havre pada tahun 1899, tak lama kemudian ia mulai bekerja untuk seorang pelukis dekorasi.Pada tahun 1900, Braque pergi ke Paris untuk magang sebagai pelukis dekorasi.Di sana ia menghadiri kelas menggambar di Sekolah Batignolles dan dilanjutkan dengan belajar di Académie Humbert.

Braque dekat dan bekerjasama dengan Picasso berlangsung hingga tahun 1914.Pada tahun 1909 hingga 1912, mereka menghasilkan beberapa karya dalam periode kubisme analitik yang sulit dianggap jelas bagi beberapa seniman karena lukisan mereka yang lebih abstrak.Selanjutnya, periode kubisme sintetik terjadi pada tahun 1912, yaitu sebuah periode di mana Braque membuat kolase kertas (Papiers collés) yang kemudian diambil dan dikembangkan oleh Picasso. Mereka mengintegrasikan bahan lain seperti kertas, kayu, atau pasir ke dalam lukisan mereka.