Bagaimana perencanaan pembangunan kota Malang menurut anda?

pemerintah
kota
tata_ruang

(Steven Coconut) #1

Malang adalah kota yang menarik untuk dikunjungi. Kota ini berada di antara gunung-gunung yang biasa didaki di Jawa Timur yaitu Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Arjuno, Gunung Welirang, dan Gunung Panderman. Disamping itu hawanya juga sejuk karena berada di daerah tinggi di Pulau Jawa. Kota Malang juga memiliki berbagai macam universitas favorit mahasiswa rantau sehingga bukan sekedar opini bahwa apabila libur semester telah tiba, kota Malang menjadi sepi karena biasanya dipadati oleh mahasiswa rantau tersebut. Bahkan setiap tahunnya jumlah mahasiswa rantau ini bertambah.

radarmalang.com

Lonjakan penduduk inilah yang menyebabkan jalan-jalan di kota Malang di daerah tertentu menjadi macet. Sebut saja di daerah jalan Veteran dan jalan MT Haryono yang merupakan jalan utama disekitar Universitas Brawijaya. Pada kasus jalan MT Haryono, jalan tersebut merupakan jalur utama yang menghubungkan antara kota wisata Batu dan ibu kota Jawa Timur yaitu Surabaya. Apabila jalan ini terlalu padat, bukan tidak mungkin akan terjadi kemacetan panjang dan akan merugikan dari sisi pengguna jalan dan masyarakat sekitar. Namun, oleh pemerintah kota Malang telah disiasati dengan perencanaan pembangunan untuk jangka waktu yang tidak sedikit. Dengan pelaksanaan proyek tersebut, diharapkan bisa menciptakan pemerataan terutama dalam volume kendaraan agar tidak tertumpuk di satu lokasi. Di sisi lain, proyek tersebut bertujuan untuk mempercantik penampilan kota Malang sehingga para pengunjung makin nyaman untuk menikmati fasilitas yang ada. Oleh pemerintah, proyek tersebut telah di simulasikan dengan video berikut.


(Arnold Alex Pung) #2

Kota Malang memang salah satu kota wisata yang sangat banyak diminati oleh pengunjung, tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun banyak berkunjung ke Kota ini.

Tetapi memang tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini Kota Malang cukup padat, terbukti dari ruas-ruas jalan utama seperti Jalan MT Haryono yang selalu macet tidak mengenal waktu.

Hal seperti ini sudah seharusnya menjadi perhatian kita bersama, bagaimana caranya tetap menampung banyak pendatang baik wisatawan atau pun mahasiswa tetapi juga tetap bisa menyediakan fasilitas seperti jalana yang cukup untuk menampung banyaknya penduduk Kota Malang. baik yang hanya berwisata ataupun para mahasiswa yang bersekolah dah kuliah di Kota ini.

Menurut saya, salah satu cara agar dapat menyiasati permasalahan khususnya kemacetan adalah dengan menambah ruas jalan atau memperlebar jalan yang masih terlalu sempit. mungkin hal ini sudah terpikirkan oleh pemerintah, tetapi semoga tidak hanya dipikirkan saja tetapi ada tindakan nyata yang berdampak bagi Masyarakay khususnya Kota Malang.