Bagaimana perbedaan gejala Fowl typhoid pada anak ayam dan ayam dewasa?

image

Fowl typhoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica subspecies enterica serovars Gallinarum biovars Gallinarum yang
terdistribusi di seluruh dunia.

1 Like

image

image

Gejala klinis dan lesi pada unggas muda sama dengan infeksi S.pullorum. Kondisi septisemia dapat terlihat, peningkatan angka mortalitas dan penurunan kualitas unggas yang dihasilkan dari telur terinfeksi. Unggas yang lebih tua menunjukkan gejala anemia, depresi, kesulitan bernapas, dan diare. Kematian paling tinggi ditemukan pada unggas umur 2-3 minggu.

a. Anak Ayam
Jika anak ayam ditetaskan dari telur yang terinfeksi, maka akan terlihat anak ayam yang lemah atau mati dalam hatching trays pada saat dikeluarkan dari inkubator. Anak ayam lain dapat terlihat mengantuk, mengalami hambatan pertumbuhan, lemah, kehilangan nafsu makan dan adanya material berwarna keputihan yang melekat di sekitar kloaka. Anak ayam yang terinfeksi dapat juga memperlihatkan gangguan pernapasan atau pernapasan melalui mulut akibat adanya gangguan pada paru.

b. Ayam Dara dan Dewasa
Letupan penyakit yang bersifat akut pada ayam dewasa ditandai oleh penurunan konsumsi pakan yang drastis, sayap menggantung, bulu berdiri, daerah facial pucat dan balung yang mengerut. Kematian dapat terjadi dalam waktu 4 hari pasca infeksi, walaupun biasanya terjadi sekitar 5-10 hari.