Bagaimana perawatan, pencegahan, dan penyebab Infectious laryngotracheitis?

Infectiousious laryngotracheitis (ILT) adalah penyakit pernapasan yang sangat menular pada unggas yang telah diidentifikasi di sebagian besar negara di seluruh dunia dan tetap menjadi ancaman bagi industri ayam yang intensif. Bagaimana perawatan, pencegahan, dan penyebabnya?

Perawatan
Antibiotik tidak berpengaruh pada virus. Vaksinasi dan masa inkubasi singkat vaksin dapat digunakan untuk menghentikan wabah.

Langkah-langkah pengendalian harus difokuskan pada:

  1. Mencegah penyebaran penyakit ke burung lain dan;

  2. Vaksinasi untuk membangun kekebalan pada burung yang rentan.

Setelah penyakit didiagnosis secara akurat, vaksinasi harus segera digunakan untuk menghentikan penyebaran dan mengurangi virulensi penyakit.

ILT dapat dikontrol melalui berbagai tindakan biosekuriti termasuk:

  • karantina (tidak ada unggas hidup di dalam atau di luar properti)
  • secara manusia menghancurkan burung yang sangat parah dan membuang bangkai dengan aman
  • membersihkan dan mensterilkan kandang unggas / pekarangan secara menyeluruh.

Membersihkan, mendisinfeksi dan meninggalkan gudang / halaman kosong setidaknya selama tiga minggu dianjurkan untuk menghilangkan virus ILT aktif.

Pencegahan
Vaksinasi burung, pertama dengan strain vaksin ringan kemudian sekitar empat hingga enam minggu kemudian dengan strain vaksin yang lebih ganas. Ini menghasilkan kekebalan yang bertahan setidaknya satu tahun. Kawanan unggas harus divaksinasi lagi pada akhir mabung.

Penyebab
ILT disebabkan oleh virus herpes yang terlibat dalam penyakit pernapasan dan produksi telur berkurang, dan dapat mempengaruhi burung untuk patogen pernapasan lainnya.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/list/infectious-laryngotracheitis