Bagaimana perawatan ikan aligator yang benar?

Setiap memelihara hewan seperti ikan memiliki jenis yang berbeda dengan perawatan berbeda pula. Bagaimana perawatan ikan jenis aligator yang benar?

images

Cara Merawat Ikan Aligator (Ikan Buaya)

Jenis ikan aligator beraneka ragam, dan nama lain aligator bagi pecinta ikan hias adalah ikan buaya. Karena memiliki bentuk badan panjang serta moncongnya semakin panjang makin kecil dengan fariasi gigi yang tajam dan ini juga sebagai ciri uatama ikan aligator gar. Maka jika Anda ingin memeliharanya, sediakan akuarium yang cukup besar. Untuk pemula yang masih bingung, berikut ini cara merawat ikan aligator:

1. Menyediakan Akuarium
Cara merawat ikan aligator tertama masalah tempatnya kita bisa menyediakan yang agak besar dan tentunya luas. tak lain agar membuat aligator dapat bergerak bebas tidak ada tekanan, sehingga dengan pakan yang kita berikan akan cepat besar.

Untuk ukuran standar akuarium yang biasa digunakan untuk ikan aligator sekitar 90 x 45 x 45 cm. Jika Anda menyediakan ukuran yang lebih luas lagi, sangat bagus buat pertumbuhan aligator ini.

2. Air
Sebelum terlambat melakukan cara merawat ikan aligator yang salah, alangkah baiknya Anda dapat menyediakan jenis air yang berkualitas bagus, bersih, dan terhindar dari bahan-bahan kimia.

Akan tetapi ikan aligator merupakan jenis ikan hias yang toleransi juga. Walaupun begitu kita tetap hati-hati, yaitu harus mengganti air akuarium jika kondisi sudah buruk. Maksimal sebulan sekali Anda dapat mengganti airnya. Ukur juga temperatur air yang ideal sekitar 20-25 derajat C.

Yang perlu diingat sebelum penggantian air berlangsung, baiknya Anda dapat mengendapkan air dulu minimal sehari semalam atau 24 jam. Agar kandungan kaporitnya dapat hilang dan terurai serta jenis partikel dan amoniak lainnya.

Sedangkan untuk memurnikan air tadi, tambahkan juga larutan antikaporit dan juga obat biru.

3. Makanan Ikan Aligator dan Cara Memberikannya
Sebelum tau cara merawat ikan aligator, pastikan dulu mengetahui sifat aligator ini. Aligator merupakan jenis ikan karnivora (pemakan daging). Jika di alam liar ikan aligator berbahaya karena memang suka makan daging ikan kecil lain. Untuk merawat ikan aligator, Anda dapat menyediakan jenis ikan kecil, udang, jangkrik, katak, dan cacing sebagai pakan alami ikan aligator agar cepat besar.

Cara pemberian pakan aligator ini langsung saja berikan ikan yang masih hidup, pastinya akan cepat merespon dan dimakan dibanding jenis pakan pelet. Pengaturan pemberian makanan aligator dapat Anda berikan 2 kali sehari sesuai kebutuhan ikan.

4. Perlengkapan Akuarium
Jika Anda melihat aligator di alam liar, cara merawat ikan aligator di dalam akuarium juga disamakan di alam bebasnya. Yaitu dengan melengkapinya dengan tambahan bebatuan, pasir, dan kayu hias. Asalkan jangan sampai menanam tanaman hias di dalam akuarium yang dapat menyebabkan iligator tidak dapat berenang.

5.Tambahan Hiasan Ikan Lain
Agar ikan aligator tetap eksis serta akuarium Anda tetap terlihat berwarna-warni, bisa juga ikan aligator dicampur dengan ikan hias lain yang setara dengannya, baik ukurn tubuh maupun sifatnya. Seperti ikan naga, ikan hiu air tawar, dan ikan sembilan.