Bagaimana peranan badan usaha swasta dalam perekonomian Indonesia?

Kehidupan perekonomian suatu bangsa tidak akan berjalan tanpa adanya peran serta badan usaha.

Badan-Usaha-Milik-Swasta-BUMS

Bentuk-bentuk badan usaha yang memiliki peran sangat penting dalam kehidupan perekonomian Indonesia tersebut, antara lain adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), dan Koperasi.

Peran badan usaha dan perusahaan dalam menggerakkan dan menunjang perekonomian nasional suatu bangsa, antara lain sebagai berikut.

  1. Membantu pemerintah dalam mengusahakan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang tidak dapat ditangani oleh pemerintah.

  2. Membantu pemerintah dalam meningkatkan devisa non-migas (jasa ekspor, pariwisata, transportasi, industri kecil, dan pertanian).

  3. Membantu pemerintah untuk memperbesar penerimaan negara dalam bentuk pajak.

  4. Membantu membuka kesempatan kerja dan ikut menanggulangi masalah pengangguran, kriminalitas, dan kerawanan sosial lainnya.

  5. Membantu pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan taraf hidup serta kesejahteraan rakyat.

  6. Sebagai mitra pemerintah dalam mengelola sumber daya alam dan mengusahakan sumber daya alam lainnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

  7. Membantu pemerintah dalam menciptakan peluang usaha baru yang memberikan kontribusi positif dalam lapangan bisnis.

  8. Sebagai agen pembangunan perekonomian nasional, karena sebagian besar dana yang digunakan adalah untuk pembangunan perekonomian yang berasal dari badan usaha ini.

Referensi:
Mulyati, Sri Nur. 2009. Ekonomi 1: Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.