Bagaimana Peran Wiraswasta dalam Perekonomian Nasional?

Wiraswasta atau dalam bahasa inggris entrepreneur memiliki arti sebagai, wira berarti berani dan swasta diartikan berdiri menurut kekuatan sendiri. Jadi, wiraswasta adalah mewujudkan aspirasi kehidupan mandiri dengan landasan keyakinan dan watak yang luhur. Prinsip tersebut menimbulkan adanya peran wiraswasta pada perekonomian nasional. Bagaimana peran wiraswasta dalam perekonomian nasional?

1 Like

Beberapa peranan wirausaha dalam perekonomian nasional, yaitu:

  1. Menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan jiwa wirausaha, faktor produksi dapat dikombinasikan, sehingga menghasilkan produk baru. Artinya, kesempatan kerja menjadi lebih terbuka.

  2. Meningkatkan pendapatan nasional. Munculnya produk baru, baik barang maupun jasa, akan memberikan sumbangan terhadap naiknya pendapatan nasional.

  3. Memperkokoh perekonomian nasional lewat berbagai kegiatan usaha yang dimiliki oleh wirausaha.

  4. Semakin banyak wirausaha yang dapat mengolah kekayaan alam akan semakin mendorong terciptanya masyarakat yang adil dan makmur.

  5. Mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial. Munculnya banyak kesempatan berproduksi, kesenjangan sosial antara masyarakat yang berpenghasilan tinggi dengan masyarakat yang berpenghasilan rendah dapat dikurangi.

Referensi:
Mulyati, Sri Nur. 2009. Ekonomi 1: Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.