Bagaimana peran teknologi informasi bagi pertumbuhan ekonomi?

pertumbuhan ekonomi

Teknologi informasi kini tidak ubahnya seperti asisten yang handal, yang dapat melakukan banyak hal di setiap aktifitas manusia, termasuk kegiatan ekonomi. Bagaimana peran teknologi informasi bagi pertumbuhan ekonomi?

Sistem informasi yang sebelumnya hanya digunakan untuk kepentingan berkomunikasi, saat ini telah menunjukkan manfaat yang besar dalam dunia bisnis. Teknologi informasi mampu membantu proses dan operasi, pengambilan keputusan, dan membentuk strategi untuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif.

Era globalisasi telah menghilangkan batas ruang dan waktu yang mengakibatkan munculnya industri baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Sehingga, terjadilah pergerakkan ekonomi, yang semula pertukaran barang dilakukan secara fisik berubah menjadi pertukaran melalui media teknologi. Perubahan inilah yang secara tidak langsung mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Perkembangan teknologi informasi juga dapat memperkuat daya saing sebuah negara dalam membangun perekonomiannya. Memang tidak bisa dipungkiri jika perkembangan teknologi informasi memiliki dampak negatifnya. Namun demikian, kurang bijak bua kita, jika membatasi penggunaan sistem teknologi informasi.