Bagaimana peran teknologi dalam faktor produksi?

technology

Bagaimana peran teknologi dalam faktor produksi?

Teknologi adalah faktor produksi yang bersifat unik, dikarenakan biasanya mempengaruhi hampir seluruh faktor produksi yang lain, baik terhadap kuantitas maupun kualitasnya. Kemajuan teknologi bisa meningkatkan kuantitas sumber alam yang tersedia dengan kemungkinannya penemuan-penemuan sumber baru. Kemajuan teknologi juga meningkatkan kualitas tenaga kerja ataupun barang modal dengan meningkatnya produktifitasnya.

Kemajuan teknologi juga dalam kenyataannya merupakan faktor yang sangat penting yang menetukan pola perdagangan internasional maupun perkembangan ekonomi negara-negara di dunia. Sudah banyak penelitian sudah membuktikan bahwa sumber utama dari peningkatan GDP di negara-negara barat selama dua abad ini berasal bukan dari semakin banyaknya barang kapital yang digunakan, tetapi kemajuan teknologi berupa peningkatan kualitas dari faktorfaktor produksi yang ada.

Pertumbuhan ekonomi merupakan peningkatan kemampuan bangsa untuk menghasilkan lebih banyak barang dan jasa (Miles, 2001). Pertumbuhan ekonomi yang dinyatakan dalam tinggi atau rendah tingkat pendapatan per kapita, keseimbangan dalam struktur ekonomi, serta pemerataan distribusi pendapatan. Menurut teori Pertumbuhan Solow, ada tiga komponen pertumbuhan ekonomi yang mempunyai arti penting bagi setiap masyarakat yaitu akumulasi faktor modal fisik dan manusaia, pertumbuhan penduduk dan tenaga kerja, serta kemajuan teknologi (technological progress). Kemajuan teknologi yang secara luas diterjemahkan sebagai cara baru untuk menyelesaikan pekerjaan atau dalam bentuk yang paling sederhana, kemajuan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas tradisional (Todaro,2006). Hicks mengklasifikasikan kemajuan teknologi berdasarkan pengaruhnya terhadap kombinasi penggunaan faktor produksi (rahardja dan manurung,2008).

Menurut Todaro (2006) produk-produk teknologi seperti komputer dan internet, merupakan kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja (labor-saving technological progress), karena dihasilkan dengan menghemat salah satu dari modal atau tenaga kerja (misalnya, tingkat output yang lebih tinggi dapat dicapai dengan kuantitas input modal atau tenaga kerja yang sama). Selain itu terdapat juga kemajuan teknologi yang meningkatkan tenaga kerja (labor-augmenting technological progressif), terjadi apabila kualitas atau keterampilan tenaga kerja
ditingkatkan, misalnya dengan penggunaan media – media telekomunikasi.

jadi dapat disimpulkan bahwa peran teknologi sangat besar dalam peningkatan faktor produksi, yang semula produksi dijalankan dengan cara yang manual atau sederhana dengan adanya teknologi maka pengerjaanya dapat mengunkan mesin yang pengoperasiannya mengunakan sistem. Sehingga produktivitas yang cepat dan efesien akan dapat memberikan keuntungan yang tinggi.