Peran Risk Leadership pada Sebuah Organisasi
Di hampir semua industri, organisasi menghadapi tantangan yang sulit dalam merespons perubahan yang cepat, dan risiko yang meluas secara global. Dalam usaha untuk mengurangi atau mengelola risiko ini, manajer risiko eksekutif berusaha untuk mengembangkan program manajemen risiko yang efisien yang berakar pada semua aspek budaya perusahaan. Risk Leadership menjadi faktor penentu sukses atau tidaknya penerapan Enterprise Risk Management (ERM). Risk Leadership dianggap hal yang sangat krusial dalam penerapan manajemen risiko. Hal ini dikarenakan Risk Leadership memiliki peran penting dalam menjaga ekspektasi yang baik mengenai manajemen risiko dari Dewan Komisioner dan Dewan Direktur.
Pada umumnya dalam organisasi telah mempekerjakan individu berpangkat tinggi untuk memberikan koordinasi keseluruhan dari semua aspek manajemen risiko dalam sebuah organisasi. Semua manajer adalah manajer risiko dan memiliki kemungkinan mengemban risiko di dalam wilayah tanggung jawab mereka sendiri, namun sebagian karena penyebaran tanggung jawab ini, telah muncul suatu fungsi “Risk Leader” spesifik di banyak organisasi untuk mengkoordinasikan, menginspirasi, dan memimpin dengan baik dalam merespons risiko.
Risk Leadership yang baik menyambut berbagai pendapat dan sudut pandang yang berbeda. Karena ini, mereka menyadari potensi risikonya dan memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi dan lebih bijak. Mereka memiliki integritas, keberanian dan kebijaksanaan. Mereka berhati-hati dan sadar akan keterbatasan mereka. Dengan demikian, mereka sensitif terhadap risiko merugikan pemegang saham mereka melalui investasi yang kurang sehat. Mereka memastikan bahwa setiap keputusan yang mereka buat atau tindakan yang diambil oleh perusahaan mereka pada akhirnya akan baik bagi perusahaan mereka, pemegang saham dan pelanggan mereka.
Kebijakan dan prosedur untuk memprediksi, mengevaluasi dan mengelola risiko adalah penting. Tetapi jika para pemimpin tidak mengajukan pertanyaan yang tepat, jika mereka tidak mencari keragaman pendapat dan perspektif, dan jika mereka tidak bertindak dengan integritas, peraturan ini sama saja tidak berarti. Dan bila itu terjadi, kesalahan konsekuensi ada pada kepemimpinannya.
Untuk mendapatkan nilai terbaik dari program manajemen risiko perusahaan, manajer risiko harus memastikan posisinya dipahami dan diintegrasikan ke seluruh perusahaan. Upaya mereka akan sangat dihargai oleh para pengambil keputusan eksekutif, ketika teknik risiko dapat diterjemahkan ke dalam bahasa keuangan yang sama. Dengan membangun dialog risiko ini ke dalam budaya perusahaan, mendidik manajemen tentang masalah risiko dan kontribusi departemen manajemen risiko, dan menerima tugas yang sulit namun memberikan nilai tambah, manajer risiko dapat membuktikan pentingnya jabatan tersebut. Pada akhirnya, manajer risiko harus mengembangkan strategi untuk mendapatkan tempat duduk di meja eksekutif, sehingga memasukkan mereka ke dalam diskusi strategis terkait risiko.
“Anda tidak bisa mengendalikan orang melalui kebijakan, prosedur dan peraturan. Anda hanya bisa melakukannya melalui budaya manajemen risiko yang kuat dan integritas mutlak di semua pemimpin.”
Referensi :