Bagaimana peran product roadmap sampai menjadi salah satu proses yang amat penting untuk dilakukan dalam membangun dan merilis sebuah MVP?

Untuk membangun dan mewujudkan sebuah MVP sangatlah perlu membuat strategi, sehingga kita dapat menguji asumsi-asumsi dan terus membangun dari apa yang telah dipelajari sejauh ini. Dan salah satu cara terbaik untuk mulai berpikir tentang MVP adalah mengambil product roadmap yang telah kita buat dan fokus untuk menyelesaikan masalah pelanggan.

Peran product roadmap dalam proses membangun dan merilis sebuah MVP ini sangatlah penting. Karena sebuah product roadmap yang memberikan kita gambaran dari seluruh aspek, yaitu goals, timeline, fitur-fitur, resources, dan lain-lainnya dari sebuah produk yang mau dibuat. Sebuah product roadmap yang efektif adalah product roadmap yang berfungsi juga sebagai alat manajemen proyek dengan dua cara utama:

  • Sebagai sebuah alat strategi yang membantu kita membuat tujuan/obyektif ke depan dan garis besar timeline untuk produknya.

  • Alat yang mampu meningkatkan jaringan komunikasi dengan menyediakan tempat dimana para stakeholder dapat mempertimbangkan tujuan dan kemajuan produk. Jadi, product roadmap dapat memberikan tim internal dan para stakeholder (eksekutif senior, manajemen level atas, investor, dan lainnya) insight ke dalam status sebuah produk saat ini dan menentukan target yang jelas tentang bagaimana produk tersebut akan berkembang dalam beberapa bulan ke depan.