Bagaimana peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi?

Pemerintah merupakan pihak yang mempunyai peranan penting di dalam perekonomian.

Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai pengatur. Pengaturan kegiatan ekonomi oleh pemerintah dapat ditempuh melalui peraturan dan perundang-undangan disertai berbagai tindakan nyata. Pemerintah dapat melaksanakannya karena memiliki alat-alat untuk melaksanakannya, baik alat pengendali, pengatur, maupun pemaksa.

  2. Sebagai pengontrol. Pemerintah mempunyai bank sentral yang berfungsi mengawasi lalu lintas keuangan, antara lain: jumlah uang yang beredar, tinggi rendahnya suku bunga, lalu lintas kredit, dan sebagainya. Pemerintah juga adalah satu-satunya yang mempunyai hak untuk mencetak uang serta mengedarkannya ke setiap lapisan masyarakat.

  3. Sebagai konsumen. Untuk menjalankan tugasnya, pemerintah membutuhkan berbagai macam barang dan jasa. Misalnya, untuk kegiatan administrasi diperlukan peralatan kantor dan alat-alat tulis.

  4. Sebagai produsen/investor. Pemerintah bertindak sebagai produsen untuk menghasilkan barang dan jasa yang menyangkut kepentingan orang banyak. Pemerintah bertindak sebagai investor, artinya pemerintah menanam modal, baik seluruhnya atau sebagian, pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Referensi:
Kusumawardani, Dewi. 2009. Ekonomi: Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.