anggaran atau budget adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku dalam jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang. Munandar (2001)
Anggaran merupakan alat untuk merencanakan dan mengendalikan keuangan perusahaan dalam penyusunannya dilakukan secara periodik.
Bagaimana peran Organisasi dalam Penyusunan Anggaran ?
Penyusunan anggaran dalam suatu organisasi biasanya dikoordinasikan oleh komite anggaran dan departemen anggaran. Prosedur penyusunan anggaran adalah sebagai berikut:
Menganalisis informasi masa lalu, lingkungan luar yang diantisipasi, dan SWOT
Menyusun perencanaan strategik dan program
Mengkomunikasikan tujuan, strategi pokok, dan program
Memilih taktik, mengkoordinasi, dan mengawasi operasi
Menyusun usulan anggaran
Menyerahkan revisi usulan anggaran
Menyetujui revisi usulan anggaran dan merakit menjadi anggaran perusahaan
Revisi dan penetapan final anggaran perusahaan untuk diajukan kepada pimpinan perusahaan, dan pengesahan biasanya dilakukan oleh pemilik perusahaan atau dalam PT pada RUPS
Gambar Struktur Organisasi Penyusunan Anggaran
Keanggotaan dari komisi anggaran, antara lain:
Salah seorang anggota direksi
Biasanya adalah direktur keuangan yang bertugas memberikan pedoman umum penyusunan anggaran juga menentukan tujuan perusahaan, baik tujuan umum maupun tujuan khusus
Manajer pemasaran
Marketing manager bertugas menyusun anggazan penjualan (sales budget) dan anggaran biaya distribusi termasuk biaya iklan dan promosi.
Manajer produksi
Production manager bertugas menyusun anggaran-anggaran yang berhubungan dengan seluruh kegiatan produksi, seperti: jumlah yang akan diprodusir, tenaga kerja, bahan baku, pembelian, factory overhead, depresiasi
Manajer keuangan
Financial manager bertugas menyusun anggaran-anggaran yang berhubungan dengan posisi keuangan perusahaan
Manajer bagian umum, Administrasi dan personalia
Bertugas menyusun anggaran-anggaran yang berhubungan dengan biaya umum, administrasi dan personalia.
Fungsi pokok komite anggaran, antara lain:
Menentukan kebijaksanaan umum
Meminta, menerima, dan menelaah taksiran anggaran individual
Menyarankan revisi
Menyetujui anggaran dan revisi anggaran
Menerima dan menganalisa laporan anggaran
Hubungan budgeting dengan akunting dapat dijabarkan sebagai berikut:
Akunting menyediakan data historis untuk tujuan analisis dalam menyusun rencana perusahaan
Komponen budgeting yang dinyatakan secara financial, disusun dalam format akunting
Akunting menyediakan data aktual yang digunakan untuk evaluasi (performance report)