Bagaimana peran Organisasi dalam Penyusunan Anggaran?

anggaran atau budget adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku dalam jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang. Munandar (2001)

Anggaran merupakan alat untuk merencanakan dan mengendalikan keuangan perusahaan dalam penyusunannya dilakukan secara periodik.

Bagaimana peran Organisasi dalam Penyusunan Anggaran ?

anggaran

Penyusunan anggaran dalam suatu organisasi biasanya dikoordinasikan oleh komite anggaran dan departemen anggaran. Prosedur penyusunan anggaran adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis informasi masa lalu, lingkungan luar yang diantisipasi, dan SWOT
  2. Menyusun perencanaan strategik dan program
  3. Mengkomunikasikan tujuan, strategi pokok, dan program
  4. Memilih taktik, mengkoordinasi, dan mengawasi operasi
  5. Menyusun usulan anggaran
  6. Menyerahkan revisi usulan anggaran
  7. Menyetujui revisi usulan anggaran dan merakit menjadi anggaran perusahaan
  8. Revisi dan penetapan final anggaran perusahaan untuk diajukan kepada pimpinan perusahaan, dan pengesahan biasanya dilakukan oleh pemilik perusahaan atau dalam PT pada RUPS

anggaran
Gambar Struktur Organisasi Penyusunan Anggaran

Keanggotaan dari komisi anggaran, antara lain:

  1. Salah seorang anggota direksi
    Biasanya adalah direktur keuangan yang bertugas memberikan pedoman umum penyusunan anggaran juga menentukan tujuan perusahaan, baik tujuan umum maupun tujuan khusus

  2. Manajer pemasaran
    Marketing manager bertugas menyusun anggazan penjualan (sales budget) dan anggaran biaya distribusi termasuk biaya iklan dan promosi.

  3. Manajer produksi
    Production manager bertugas menyusun anggaran-anggaran yang berhubungan dengan seluruh kegiatan produksi, seperti: jumlah yang akan diprodusir, tenaga kerja, bahan baku, pembelian, factory overhead, depresiasi

  4. Manajer keuangan
    Financial manager bertugas menyusun anggaran-anggaran yang berhubungan dengan posisi keuangan perusahaan

  5. Manajer bagian umum, Administrasi dan personalia
    Bertugas menyusun anggaran-anggaran yang berhubungan dengan biaya umum, administrasi dan personalia.

Fungsi pokok komite anggaran, antara lain:

  1. Menentukan kebijaksanaan umum
  2. Meminta, menerima, dan menelaah taksiran anggaran individual
  3. Menyarankan revisi
  4. Menyetujui anggaran dan revisi anggaran
  5. Menerima dan menganalisa laporan anggaran

Hubungan budgeting dengan akunting dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Akunting menyediakan data historis untuk tujuan analisis dalam menyusun rencana perusahaan
  • Komponen budgeting yang dinyatakan secara financial, disusun dalam format akunting
  • Akunting menyediakan data aktual yang digunakan untuk evaluasi (performance report)