Bagaimana peran manajer produk dari setiap latar belakang yang berbeda?

Picture1

Berdasarkan ilustrasi gambar diatas terdapat tiga area manajemen produk yang berbeda, lalu berdasarkan pengetahuan saya seorang manajer produk berasal dari salah satu area tersebut. Bagaimana peran atau karakteristik dari seorang manajer produk yang memiliki latar belakang keahlian dari setiap ketiga bagian tersebut?

1 Like

Berikut ini merupakan beberapa peran atau karakteristik dari setiap manajer produk yang memiliki latar belakang berbeda.

  • Manajer Produk yang Mengutamakan Pengguna
    Untuk manajer produk ini biasanya memandang produk dari beberapa aspek seperti kecepatan, penggunaan ulang data, perbaikan bug, pemahaman, dan permintaan pengguna. Aspek kecepatan yang dimaksud disini yaitu kecepatan sebuah produk yang berbasis teknologi informasi dalam melakukan suatu proses. Kemudian penggunaan ulang data yaitu penggunaan source dari sisi pengguna seperti apakah pengguna ingin mengisi formulir sebanyak dua kali. Perbaikan bug bermaksud bahwa jangan sampai pengguna berulang kali menemukan bug yang sama. Pemahaman bermaksud untuk mengukur apakah pengguna memahami produk tersebut dan permintaan pengguna yaitu selalu melihat dari permintaan atau keinginan mereka.

  • Manajer Produk yang Mengutamakan Bisnis
    Untuk manajer produk yang memiliki latar belakang seperti ini biasanya pernah menjabat sebagai general manager. Untuk manajer tipe ini memiliki pendekatan profit, fitur kompetitif, pengembangan bisnis, growth, dan permintaan investor. Pendekatan profit yaitu tentang bagaimana pengembangan produk dapat menambah keuntungan. Kemudian untuk fitur kompetitif yaitu pengembangan produk dilihat dari fitur yang dimiliki oleh kompetitor. Lalu, pengembangan bisnis yaitu melihat bagaimana produk dapat melebarkan sayap bisnis. Growth yaitu melihat bagaimana produk agar dapat selalu berkembang. Terakhir, pengembangan produk selalu memperhatikan permintaan investor.

  • Manajer yang Mengutamakan Teknologi
    Untuk manajer produk yang memiliki latar belakang seperti ini biasanya berasal dari orang teknis.Para manajer produk yang mengutamakan teknologi biasanya cenderung untuk menunda peluncuran, dimana hal ini disebabkan untuk memperbaiki sesuatu yang masih error. Kemudian mereka cenderung untuk mendaur ulang fitur, yaitu menggunakan fitur yang sudah pernah dipakai, bukan menggunakan fitur yang baru. Selain itu mereka juga cenderung untuk meminimalisir pekerjaan yang tidak perlu seperti tidak memperbaiki bug karena akan membuat sistem baru.

Referensi

Tech in Asia Indonesia - Menghubungkan Ekosistem Startup Indonesia