Bagaimana peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan keunggulan organisasi maupun perusahaan?

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.

Bagaimana peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan keunggulan organisasi maupun perusahaan?

Dengan tantangan yang semakin kompleks, peran Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) untuk bisa meraih keunggulan bersaing tidak hanya berfungsi menangani masalah personalia namun harus bisa menjadi pelopor dalam menghadapi lingkungan yang selalu berubah. Menurut Ulrich (1997) terdapat empat peran baru yang harus dimainkan MSDM untuk dapat membentuk perusahaan yang mempunyai keunggulan bersaing. Peran dapat dilihat dalam gambar di bawah ini

Strategic partner

Peran MSDM sebagai partner startegis artinya MSDM dituntut untuk memiliki kemampuan menterjemahkan visi dan misi serta strategi bisnis ke dalam kebijakan strategi SDM.

Administrative expert

Berperan sebagai ahli adminitrasi, MSDM memberikan desain sistem MSDM yang efisien dan efektif, terutama terkait dengan proses dan pelaksanaannya. Desain sistem MSDM ini meliputi sistem seleksi , training, pengembangan, penghargaan tenaga kerja, promosi serta pengelolaan SDM yang lain

Employee Champion

Dalam peran sebagai Employee Champion, MSDM harus bisa meningkatkan komitmen dan kontribusi tenaga kerja untuk mencapai keberhasilan organisasiserta menjadi pelindung tenaga kerja. Beberapa hal yang harus dilakukan MSDM sebagai Employee Champion yaitu :

  1. MSDM harus aktif memahami kebutuhan tenaga kerja dan menjamin kebutuhan tersebut bisa terpenuhi baik kualitas maupun kuantitasnya.

  2. MSDM harus mampu melibatkan manajer lini dalam menciptakan kontribusi tenaga kerja dalam organisasi.

  3. MSDM harus membantu tenaga kerja untuk meningkatkan kontribusi dan komitmen yang dimiliki untuk bekerja dengan berkualitas.

Agent perubahan

Peran MSDM dalam mentransformasi perubahan menghadapi perubahan persaingan dengan membangun kapasitas organisasi agar mampu merespon perubahan serta harus bertanggung jawab untuk mendasin dan mengelola perubahan serta berperan sebagai katalisator/sponsor, fasilitastor dan demonstrator
Kompetensi Manajer/professional SDM Agar dapat memainkan peran tersebut menurut Noe (1997) maka profesional MSDM dituntut untuk memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Business competence
    Manajer SDM dalam mengambil kebijakan SDM terlebih dahulu harus memahami bisnis perusahaan dan mengetahui kemampuan finansial serta dapat mengkalkulasikan cost dan beneftf tiap alternatif kebijakan SDM tetapi juga dampak sosial dan etika akibat pelaksanaanya.

  2. Profesional and technical knowledge
    Dalam pelaksanaan manajemen sumber daya manusia harus professional, memiliki pengetahuan teknikal seperti penempatan, pengembangan karyawan, penghargaan, desain organisasi dan komunikasi, penilaian kinerja sehingga pelaksanannya sesuai dengan yang diharapkan.

  3. Ability to manage change
    Manajer SDM harus mempunyai kemampuan untuk mengelola perubahan sejak dari mendiagnosa permasalahan, implementasi dan evaluasi perubahan dengan kata lain manajer SDM harus dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar sesuai dengan perubahan yang dilakukan.

  4. Integration competence
    Manajer SDM harus dapat mengintegrasikan kompetensi tenaga kerja untuk dapat bekerja dengan berkualitas.

Referensi

  • Handoko , Hani,1995, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta
  • Kirti P, 2001, “ Peran SDM dari professional menjadi strategic,Majalah Marketing, edisi Desember 2001
  • Noe, 1997, Human Resources Managemet: Gaining a Competitive Advantage,Irwin Mc Graw Hill
  • Schuler, R, S, Jackson ,S,E, 1997 , Manajemen Sumber Daya Manusia menghadapi abad 21, Penerbit ERlangga, Jakarta
  • Ulrich, Dave,1997, Human Resources Champion : The Next Agenda For Adding Value and Dlivering Results, Harvard Business School Press, Boston, Massachustts