Bagaimana peran kemampuan negosiasi dalam kepemimpinan?

leadership

(Lailatul fitriyah) #1

Negotiation skill merupakan suatu bentuk pertemuan bisnis antara dua pihak atau lebih yang didalamnya terdapat proses memberi, menerima, dan tawar menawar yang bertujuan untuk mencapai suatu kesepakatan dan untuk mengatasi perbedaan pendapat antara kedua belah pihak.

Menurut kamus Oxford, negosiasi adalah suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi formal.

Tanpa kita sadari maupun disadari, negoisasi terjadi pada kehidupan kita sehari-hari, baik itu negosiasi untuk hal-hal besar atau dalam masalah kecil. Contohnya ketika kita di pasar dan membeli sesuatu maka akan terjadi proses tawar menawar harga barang yang akan kita beli, dalam hal ini kita sudah melakukan proses negosiasi.

Contoh lain mengenai kasus negosiasi seperti Christopher Columbus meyakinkan Ratu Elizabeth untuk membiayai ekspedisinya saat inggris dalam perang besar yang memakan banyak biaya atau sengketa pulau sipadan-ligitan antara indonesia dan malaysia.

Tujuan negosiasi dalam bisnis antara lain yaitu untuk mendapatkan atau mencapai kata sepakat, saling pengertian, persetujuan, untuk mendapat atau mencapai kondisi penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi bersama dan untuk mendapat atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang.

Selain mempunyai tujuan, negosiasi juga mempunyai manfaat antara lain untuk mendapatkan atau menciptakan jalinan kerja sama antar badan usaha atau institusi ataupun perorangan untuk melakukan suatu kegiatan atau usaha bersama atas dasar saling pengertian dan untuk menjalin hubungan bisnis yang lebih luas.

Di sebuah negosiasi memiliki karakteristik yang senantiasa melibatkan orang baik sebagai individual, perwakilan organisasi atau perusahaan, sendiri atau dalam kelompok, menggunakan cara-cara pertukaran sesuatu baik berupa tawar menawar maupun tukar menukar, hampir selalu bertatap muka dengan menggunakan bahasa lisan, gerak tubuh, ekspresi, negosiasi biasanya menyangkut hal-hal di masa depan atau sesuatu yang belum terjadi dan kita inginkan terjadi.

Kemampuan bernegosiasi sangat penting karena untuk mecari solusi, mencari suatu kesepakatan kedua belah pihak, dan mencapai tujuan yang dikehendaki bersama kedua belah pihak yang terlibat dalam negosiasi.

Keberhasilan atau kesuksesan dalam bernegosiasi dapat ditentukan oleh berbagai faktor penting, diantaranya

  • Keterampilan seseorang negosiator dalam bernegosiasi dengan pihak lawan negosiasi. Negosiator adalah orang yang melakukan negosiasi. Seorang negosiator harus memiliki kemampuan dasar ilmu pengetahuan, keterampilan dalam melakukan proses negosiasi, informasi, penilaian, dan bijak.

  • Seorang negosiator juga harus mepunyai sikap percaya diri, berpikiran positif, menghargai orang lain, ramah, sopan, sabar, ulet, dan tidak putus asa saat melakukan negosiasi pada pihak lawan negosiasi. Negosiasi yang baik adalah dimana kedua belah pihak merasa puas atas kesepakatan yang diambil.

Kemampuan bernegosiasi dengan baik akan membuat jaringan anda berkembang, memperkuat hubungan dengan klien dan supplier, dan membuka jalan pada peluang bisnis di masa depan.

Oleh karna itu, ada beberapa hal perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk mencapai negosiasi yaitu ;

  • Tentukan tujuan tertinggi anda
  • Lakukan riset
  • Tentukan hal-hal yang dapat anda negosiasikan
  • Siap mundur jika tidak terjadi kesepakatan karena dalam bernegosiasi selalu ada kemungkinan jalan buntu dimana kedua belah pihak tidak mencapai kesepakatan
  • Pelajari penawaran dari kompetitor, pihak lain yang juga bermaksud melakukan negosiasi dengan orang/lembaga yang anda ajak negosiasi.
  • Siapkan win-win solution, carilah solusi yang sama-sama menguntungkan dua pihak, hal ini tidak masalah selama anda dapat berkompromi dan tujuan inti anda tercapai.

Tidak semua orang memiliki kemampuan negosiasi yang baik. Oleh karna itu diperlukan adanya pengetahuan dan kecakapan tersendiri agar memiliki kemampuan negosiasi yang memadai.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan dan menguatkan kemampuan negosiasi yaitu fokuslah pada keuntungan kedua belah pihak supaya tidak merasa saling dirugikan, tetap berpatokan pada keinginan anda, tetap fokus pada tujuan negosiasi anda, jangan terpengaruh oleh trik-trik yang dilancarkan lawan sehingga mempengaruhi tujuan semula, dengarkan negosiasi yang ditawarkan dan ajukan prtanyaan untuk setiap point yang belum jelas.

Anda juga perlu mengetahui gaya negosiasi orang yang anda ajak negosiasi, supaya dapat memudahkan anda dalam menghadapi dan menyelesaikan proses negosiasi dengannya.

Contoh tokoh dunia yang sangat kuat dalam negotiation skills yaitu Sultan Bhatoegana beliau adalah salah satu politikus yang memiliki kemampuan negosiasi diruang tertutup. Beliau biasanya terjun dibidang bisnis dan melakukan negosiasi dagang dengan pihak luar.

Bila dibandingkan, kemampuan beliau sama seperti almarhum Ali Alatas dalam menjalankan negosiasi. Selain itu terdapat Muhammad Nazaruddin beliau adalah seorang yang jenius memainkan hukum dan akuntansi serta mencari celah dalam sistem anggaran indonesia. Beliau adalah seoarang yang paling baik dalam kemampuan lobi dan negosiasi. Setara dengan Oey Tiong Ham, yang merupakan juragan gula legendaris dari semarang.

Referensi :