Bagaimana peran Guru dalam Kemampuan sosial Anak didiknya ?

pengembangan_siswa

(Didi Situmorang) #1

pengembangan kemampuan sosial murid

Tidak hanya orang tua, guru di sekolah juga bisa mengajarkan anak tersebut berpikir dan berperilaku. Pengaruh ajaran guru sangat berdampak pada tumbuh kembang seorang anak. Untuk masalah social skill, bagaimana peran seorang guru di sekolah dalam men-grow up skill tersebut ?


(Fani Fahmi) #2

Keterampilan sosial atau Social Skill menurut Hargie et.al (1998) sebagai kemampuan individu untuk berkomunikasi efektif dengan orang lain baik secara verbal maupun nonverbal sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada pada saat itu, di mana keterampilan ini merupakan perilaku yang dipelajari.

Guru memiliki peran penting dalam membangun karakter, pola pikir dan social skill pada anak karena guru dianggap sebagai orang tua kedua bagi anak. Guru memiliki tanggung jawab mengembangkan skill yang ada pada murid-muridnya dengan metode pembelajaran yang diberikan. Pembelajaran yang diajarkan harus mencakup aspek-aspek untuk bisa berkomunikasi dan berkerja sama dengan temannya yang lain untuk menumbuhkan social skill pada anak.


(mandala aditya) #3

Metode-metode yang dapat digunakan guru untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa antara lain :

  1. diskusi kelompok,
  2. diskusi panel.
  3. simposium,
  4. ceramah,
  5. seminar,
  6. role playing atau sosiodrama,
  7. brain stroming,
  8. pemecahan masalah,
  9. inquiry,
  10. tutorial.

Sementara itu, cara-cara berketerampilan sosial yang dapat dikembangkan kepada siswa adalah membuat perencanaan dengan orang lain, partisipasi dalam usaha meneliti sesuatu, partisipasi produktif dalam diskusi kelompok, menjawab secara sopan dan tanggung jawab dan menolong orang lain.

Menurut hemat saya, cara paling efektif adalah dengan melakukan kerja kelompok, dimana target yang diberikan kepada kelompok tersebut dibuat sedemikian rupa, sehingga mempunyai peluang untuk terjadinya konflik didalam kelompok tersebut. Disanalah kemampuan sosial akan dilatih secara nyata, bagaimana mereka mengatasi masalah-masalah sosial yang ada didalam kelompok tersebut.

Berikut adalah indikator keterampialn Sosial yang dimilik oleh seseorang, menurut John Jarolimek,

  1. Living and working together, taking turns, respecting the rights of others, being social sensitive.

    • Bekerjasama dengan baik
    • Mampu melibatkan diri dalam kelompok
    • Menghargai pendapat teman
    • Menawarkan bantuan kepada teman
    • Memperhatikan dan menyimak teman yang sedang melakukan prsentasi
    • Menampung komentar dan ide-ide orang lain
    • Menggunakan kontak mata ketika berbicara dengan orang lain.
  2. Learning self-control and self direction

    • Mematuhi peraturan yang dibuat oleh guru
    • Tanggung jawab dalam pemberian tugas.
    • Tepat waktu
  3. Sharing ideas and experience with others

    • Menyampaikan pendapat
    • Berani menhajukan pertanyaan
    • Menawarkan untuk menjelaskan atau mengklarifikasi