Bagaimana peran “Blog” dalam mendukung proses pembelajaran?

Kegiatan pembelajaran adalah suatu proses yang mengandung serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Winarno (1983), bahwa pembelajaran adalah proses berlangsungnya kegiatan belajar dan membelajarkan siswa dikelas. Dalam proses pembelajaran, peran guru dalam memberikan materi kepada siswanya sangatlah penting, untuk menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang efektif. Selain dari guru, siswa juga dapat mencari sumber ilmu pengetahuan dengan menggunakan sumber referensi (buku).

Sayangnya, sumber ilmu pengetahuan yang guru dan siswa miliki untuk menunjang proses pembelajarannya relatif sedikit. Buku-buku teks pelajaran yang dimiliki oleh sekolah jumlahnya pun terbatas. Maka dari itu diperlukanlah media pembelajaran lain yang dapat mendukung proses pembelajaran agar mendapatkan sumber yang lebih banyak dan lebih luas.

Di era saat ini, teknologi informasi sangat berperan besar dalam akivitas keseharian. Maka dari itu peran teknologi dalam pembelajaran juga dibutuhkan. Salah satu penggunaannya adalah dengan adanya “Blog”.

Bagaimana peran “Blog” dalam mendukung proses pembelajaran pada saat ini? Apakah kelebihan dan kekurangannya?

image

Kegiatan pembelajaran sering kali dikaitkan dengan proses tatap muka antara pengajar dengan muridnya. Kegiatan belajar biasanya menggunakan buku sebagai sumber referensi selain materi yang disampaikan oleh pengajarnya.

Mengingat saat ini teknologi informasi sudah berkembang pesat, maka tidak salah pula jika teknologi informasi diaplikasikan dalam menunjang kegiatan belajar. Salah satu penerapannya adalah dengan adanya “Blog” atau “Blogspot”. Blog adalah sebuah web yang berisi tulisan dari pribadi pembuat materi tersebut, diurutkan berdasarkan kronologis waktu dan memungkinkan pengunjungnya untuk memberikan komentar.

Pemanfaatan blog sebagai sumber belajar adalah sebagai berikut :

  1. Pengajar dapat membuat akun blognya sendiri.
    Pengajar dapat menuliskan artikelnya, memberikan tugas, atau materi lainnya kemudian murid dapat memanfaatkan blog tersebut sebagai bahan diskusi.

  2. Interaksi Blog Pengajar dan Blog Siswa
    Selain blog yang dibuat oleh pengajar, pengajar juga dapat membimbing muridnya untuk membuat sebuah blog kemudan mengurusnya. Pengajar dapat memanfaatkan blog sebagai media untuk membimbing pengajarnya dalam menggunakan blog dalam mengerjakan tugas. Selain itu, murid akan merasa tertantang untuk mengurus (kemudian membuat tampilan semenarik mungkin) blog tersebut. Dengan demikian, secara tidak langsung pengajar pun juga mendidik siswanya dalam memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang saat ini.

  3. Komunitas Blogger Pembelajar
    Ada juga yang membuat blog sebagai pusat pembelajaran, sehingga pengajar dan murid dari berbagai sekolah/kampus bisa tergabung dalam komunitas blogger pembelajar tersebut untuk berdiskusi atau mengerjakan tugas.

Adapun Kelebihan dan Kelemahan dari blog adalah sebagai berikut :

(+)

  1. Blog memungkinkan terjadinya interaksi atara sumber dengan penerima informasi.
  2. Blog dapat memperkaya sumber informasi karena tak sedikit penulis yang kaya akan pengetahuan menuangkan ide di blognya.
  3. Pemanfaatan blog dinilai efisien dan efektif, karena tidak membutuhkan biaya yang mahal.
  4. Pencarian informasi di blog sangat mudah.
  5. Blog berpotensi sebagai ladang bisnis karena dapat menghasilkan uang.

(-)

  1. Pemanfaatan blog rentan terkena virus, hacker, dan spyware.
  2. Karena banyaknya penulis yang menuangkan ide yang sama di blognya, maka konsumen yang membaca beberapa blog tersebut akan mendapatkan informasi yang banyak. Namun artikel yang ditulis oleh penulis blog kurang dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Sangat rawan terjadi plagiasi. Ini dilakukan oleh orang yang memanfaatkan blog untuk mencari penghasilan namun tidak memiliki ide artikel untuk dituangkan di blog yang akan ia buat.

Sumber :

image

Di zaman modernisasi seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Dari orang tua hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya.

Teknologi di masa kini telah berkembang dengan pesat. Tak seperti waktu dulu, Teknologi sangatlah berpengaruh dalam aspek kehidupan manusia dan ikut berperan dalam kehidupan masyarakat luas khususnya peran teknologi di bidang pendidikan. Dalam pendidikan sendiri teknologi kini memiliki peranan tersendiri dalam proses belajar mengajar.

Salah satu pemanfaatan teknologi pada media internet yang berperan terhadap pendidikan di sekolah adalah weblog atau disingkat blog. Blog merupakan sebuah aplikasi bagian dari website yang dapat diakses oleh pengguna online. Dengan sebuah blog, seseorang dapat berbagi (sharing) ide atau gagasan. Blog menjadi media untuk berbagi sesuatu tentang pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Secara umum, peranan blog bagi pembelajaran antara lain:

  1. Berbagi informasi secara online
    Admin blog dan penulisnya dari kalangan tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang proses pendidikan di sekolah. Berbagi dengan sesama insan pendidikan di sekolah untuk memajukan proses belajar dan mengajar.

  2. Bahan dan sumber belajar praktis
    Bahan dan sumber belajar itu banyak sekali. Selain buku sumber, blog bisa menjadi bahan dan sumber belajar yang paraktis. Para guru dapat membaca share admin blog tentang seluk beluk kegiatan mengajar. Siswa dapat menjadikan blog sebagai sumber belajar praktis dan ajang untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru di sekolah.

  3. Penerapan ilmu dan keterampilan menulis
    Blog menjadi media yang ampuh untuk menerapkan ilmu dan keterampilan menulis warga sekolah. Secara teori, ilmu dan keterampilan menulis itu sudah diberikan oleh guru/instruktur dengan memadai. Untuk mengaplikasikan teori menulis dapat dimanfaatkan media blog.

Kelebihan blog:

  1. Membuat Blog itu merangsang otak.
  2. Blog suatu proses pembelajaran.
  3. Blog itu melatih interaksi social.

Kekurangan blog:

  1. Rentan terkena virus, hacker atau spywere.
  2. Blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Blog rawan akan copy paste.

sumber :
http://bahtra12.blogspot.co.id : Media Pembelajaran Blog
http://www.matrapendidikan.com : Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran

Pembelajaran di indonesia semakin maju diiringi dengan perkembangan teknologi. Oleh karenanya sistem dalam pembelajaran di Indonesia sedikit mulai sedikit berubah. Pada kurikulum baru siswa dituntut untuk aktif mencari ilmu dengan usahanya sendiri dari pada hanya mendengarkan guru menjelaskan didepan. Peran guru disini hanya mengarahkan saja. Sehingga akhirnya siswa mencari materi pembelajaran sendiri dengan referensi dari guru.

Hal ini menyebabkan siswa pun memanfaatkan teknologi internet. Banyaknya informasi yang ada di internet membuat pencarian materi belajar bagi siswa jadi lebih mudah dan dapat banyak referensi, tidak hanya dari satu buku saja. Sehingga blog disini sangat penting dalam membuka wawasan siswa dalam mencari ilmu dalam proses pembelajaran karena banyak sekali referensi dari internet utamanya dari blog yang membagikan materi pembelajaran.

Kelebihan :

  • Menambah sudut pandang siswa
  • Menambah wawasan dan referensi siswa
  • Siswa mampu memilih metode mana yang menurutnya tepat

Kekurangan :

  • Serangan malware, virus dan spyware
  • Sumber yang tidak jelas membuat blog tidak dipercaya
  • Belum tentu isinya benar

Sumber :