Bagaimana penyebaran dan pengendalian Marek's Disease?

Penyakit ini dapat mempengaruhi kalkun, burung, burung puyuh dan burung game tetapi kurang umum. Ini bisa menjadi masalah dalam kelompok ternak rumah tangga, terutama mereka yang tidak divaksinasi.

Penyebaran
Penyakit Marek sangat mudah menular dan menyebar dengan cepat di antara burung. Virus berada di folikel bulu dan dapat dibuang ke lingkungan di bulu dan bulu. Rute utama infeksi adalah pernapasan, di mana burung bernafas dalam debu dan bulu yang terinfeksi (yaitu serpihan kecil yang terlepas dari kulit dan bulu).

Tidak semua burung mati karena penyakit itu. Setelah terinfeksi, penyakit akan tetap ada di dalam burung seumur hidup dan akan terus menular. Burung yang sehat dalam penampilan dapat menjadi pembawa penyakit.

Virus ini sangat menular dan, sekali hadir dalam kawanan, menyebar dengan cepat ke unggas yang tidak divaksin. Cara lain dari penyebaran dapat berasal dari serangga yang hidup dalam sampah, ditambah kontaminasi pakaian, peralatan dan kendaraan.

Pengendalian

  • Vaksinasi

Vaksinasi tersedia untuk penyakit Marek. Namun, ini tidak selalu mencegah penyakit dan seharusnya tidak menjadi satu-satunya bentuk kontrol.

Vaksinasi dapat diberikan di tempat penetasan pada anak-anak ayam hari pertama kehidupan. Beli anak ayam dan makanan kecil dari tempat penetasan terkemuka dan minta bukti vaksinasi dari pemasok Anda. Peternak yang memvaksinasi anak ayam umurnya harus mengikuti instruksi produsen untuk penyimpanan dan administrasi untuk memastikan keefektifan vaksin. Vaksin hanya akan berfungsi jika diberikan sebelum anak ayam terinfeksi penyakit. Dalam situasi ketika anak ayam menetas di bawah ayam - dan tidak dalam inkubator - cewek mungkin sudah terinfeksi.

  • Tindakan biosecurity

Mempraktekkan tindakan biosekuriti yang baik juga penting untuk membantu mengurangi insiden penyakit Marek, khususnya pada burung muda. Prosedur kebersihan standar seperti pembersihan rutin dan desinfeksi fasilitas perumahan akan membantu mengurangi insiden penyakit Marek. Dalam operasi komersial, latih sistem all-in dan all-out, dengan gudang yang menyeluruh dan peralatan yang bersih dan disinfeksi di antara kumpulan anak ayam.

  • Praktek pertanian

Nutrisi yang baik, kontrol parasit dan menjaga lingkungan yang bersih juga sangat penting. Praktek pertanian yang buruk dapat meningkatkan stres burung yang dapat menyebabkan wabah.

Tidak ada pengobatan untuk burung yang terkena penyakit Marek. Mereka harus dikeluarkan dari kawanan dan secara manusiawi dimutasi.

Ref: https://www.business.qld.gov.au/industries/farms-fishing-forestry/agriculture/livestock/animal-welfare/pests-diseases-disorders/mareks-disease