Bagaimana penyebaran dan pengendalian Equine arteritis virus?

Equine viral arteritis (EVA) adalah penyakit virus akut, menular, dan menular.Equine viral arteritis (EVA) adalah penyakit virus akut, menular, dan menular. Bagaimana penyebaran dan pengendaliannya?

Pengendalian
Tidak ada perawatan khusus untuk EVA dan sebagian besar kuda yang terserang pulih sepenuhnya. Perawatan untuk kuda jantan mungkin disarankan untuk menghindari kesuburan jangka pendek.

Sebagian besar program pencegahan dan pengendalian difokuskan untuk mencegah atau membatasi diseminasi virus arteritis kuda dalam populasi pemuliaan, untuk meminimalkan risiko aborsi terkait virus atau kematian pada anak kuda muda dan pembentukan negara pembawa kuda.

Air mani kuda harus diuji dan terbukti bebas dari penyakit.

Penyebaran
Penularan infeksi EAV dapat terjadi dengan cara pernapasan, kelamin, kongenital, atau tidak langsung. Wabah EVA biasanya terkait dengan pergerakan hewan atau pengiriman air mani. Penularan virus dapat meluas di racetracks atau di peternakan pembibitan.

Kuda pembawa adalah penampung virus dan terutama bertanggung jawab untuk kegigihan virus pada populasi kuda yang berbeda di seluruh dunia.

Ref: