Bagaimana penyebab, deskripsi, dan lokasi terjadinya Epizootic ulcerative syndrome?

Epizootic ulcerative syndrome (EUS) dapat diartikan juga sebagai penyakit bercak merah. Bagaimana penyebab, deskripsi, dan lokasi terjadinya?

Deskripsi
Di Queensland, faktor-faktor yang memulai wabah EUS tidak selalu konsisten tetapi biasanya mengikuti curah hujan lebat pertama di musim semi atau setelah hujan pertama musim hujan di Queensland bagian utara. Penelitian telah menemukan bukti yang baik untuk menyarankan wabah EUS ini terkait dengan air asam. Ini adalah limpasan air dari tanah asam sulfat yang terganggu atau serasah daun (asam tannic) setelah periode hujan sedikit.

Penyebab
EUS atau penyakit bercak merah adalah penyakit ulseratif pada ikan yang disebabkan oleh jamur Aphanomyces invadans . Ini sering terjadi pada ikan muara di sepanjang pantai timur dan di Teluk Carpentaria.

Lokasi terjadinya
EUS mempengaruhi berbagai jenis ikan asli di Queensland, seperti mullet, bream, kapur sirih, bream ikan air tawar, belut dan lele. Penyakit ini juga dapat dilihat pada ikan air tawar yang diternakkan dan sungai air tawar pedalaman.

Penyakit ini juga terjadi di New South Wales, Victoria, Northern Territory, dan Western Australia, serta banyak negara Asia.

Ref:
https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/list/epizootic-ulcerative-syndrome2