Bagaimana penyebab dan terapi untuk penyakit Radang Kelenjar Ludah (Sialadenitis) pada hewan?

horse-hypersaliva

Radang kelenjar ludah kebanyakan mengenai parengkim kelenjar dan sering ditemukan pada kelenjar mandibuler dan parotis.

Dogs-Hypersalivation

Penyebab
Radang kelenjar ludah terjadi sebagai akibat meluasnya radang di daerah mulut yang lain, atau karena terbentuknya konkremen hingga melukai saluran kelenjar. Secara hematogen radang terjadi karena meluasnya proses infeksi dari organ lain.

Pada yang bersifat supuratif, yang biasanya bersifat lokal dapat disebabkan oleh luka tusukan dari luar: dapat juga radang supuratif merupakan perluasan selulitis, abses tekak, atau kelenjar limfe yang berdekatan. Pada kuda kejadian ingus tenang dapat meluas ke kelenjar ludah.

Terapi
Dari luar dapat dilakukan dengan kompres dingin maupun panas dan masase. Penggunaan obat-obatan antimikrobial secara sistemik perlu difikirkan. Apabila ada pernanahan, setelah dibersihkan dengan cairan antiseptik, pengobatan dengan antibiotika diberikan secara topikal. Penggunaan drainase dengan pipa karet atau polietylene ataupun perban kasa, dianjurkan pula. Pada penderita yang mengalami kesulitan makan dan minum, pemberian obat-obatan suportif maupun cairan perlu difikirkan. Juga pemberian obat untuk mengurangi rasa sakit maupun untuk mengurangi proses radang seperti yang disebutkan untuk radang yang telah disebutkan pula dipertimbangkan.

Referensi: Subronto. 1989. Ilmu Penyakit Ternak I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.