Bagaimana penyebab dan proses terjadinya Kolik Trombo-Emboli?

Kolik trombo-emboli terjadi karena gangguan aliran darah ke dalam suatu segmen usus sebagai akibat terbentuknya simpul simpul arteri oleh migrasi larva cacing Strongylus vulgaris. Bagaimana penyebab dan proses terjadinya?

Penyebab
Cacing Strongylus vulgaris terdapat di semua bagian dunia. Banyak kuda yang mengalami infestasi cacing berat tanpa disertai gejala klinis yang nyata. Anak kuda yang berumur 6 bulan ke atas banyak yang terinfeksi oleh cacing tersebut.

Proses terjadinya
Setelah menembus dinding usus larva cacing akan berada di rongga peritoneal, mencapai cabang-cabang arteri usus, a. mesenterica cranialis, merusak dindingnya, dan akan mengakibatkan penyempitan atau sumbatan pada lumen pembuluh darah. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa larva yang mengikuti aliran darah akan sampai di jantung, mengikuti aliran darah aorta, kemudian akan tinggal di dalam vasa vasorum arteria mesenterica cranialis. Di tempat ini larva merusak dinding pembuluh darah tersebut.

Oleh kurangnya pengaliran darah dan depresi syaraf di suatu segmen usus besar, segmen yang bersangkutan akan mengalami atoni. Tekanan pada ganglion simpatis mampu menyebabkan kolik spasmodik yang rekuren. Kerusakan dinding pembuluh darah akan mengakibatkan terbentuknya jaringan ikat yang berbentuk sebagai jendolan (aneurisma). Bila ke dalam aneurismata juga masuk kuman-kuman Str. equi, Actinobacillus equuli, atau Salmonella sp kolik rekuren yang disertai dengan demam akan makin sering teramati. Apabila pada aneurisma juga terjadi abses, dan abses tersebut pada suatu saat pecah, maka akan terjadi peritonitis difus, yang selanjutnya, oleh karena terjadinya sepsis dapat membawa kematian penderita.

Referensi: Subronto. 1989. Ilmu Penyakit Ternak I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.