Bagaimana penyebab Bluetongue dan dimana penyakit terjadi?

Bluetongue adalah penyakit virus yang dibawa serangga, yang dapat mempengaruhi domba, kambing, rusa dan sapi.

Domba adalah spesies yang paling parah terkena dampaknya; penyakit klinis dan kematian terjadi dan kerugian produksi dan perdagangan dapat terjadi. Sebagian besar infeksi pada sapi tidak sesuai.

Sejumlah serotipe bluetongue hadir di Australia, tetapi penyakit klinis berat yang terlihat di negara lain belum terjadi di sini. Penyakit telah diproduksi pada domba yang terinfeksi secara eksperimental dengan beberapa serotipe yang ada di Australia.

Penyebab
Penyakit ini disebabkan oleh virus orbivirus milik keluarga Reoviridae. Ada 25 serotipe virus bluetongue (BTV) dan 10 diantaranya telah diisolasi di Australia. Orbivirus adalah virus yang dibawa serangga (arbovirus) yang ditularkan oleh pengusir Culicoides . Banyak orbivirus non bluetongue lainnya juga endemik di Australia.

Dimana penyakit terjadi
Virus ini hadir di sebagian besar negara di Afrika, Timur Tengah, India, Cina, Amerika Serikat, dan Meksiko. Infeksi virus Bluetongue, tanpa penyakit klinis yang terkait, hadir di Asia Tenggara, Papua New Guinea, Amerika Selatan bagian utara dan Australia utara. Dalam beberapa tahun terakhir virus telah terdeteksi di negara-negara Eropa utara, termasuk Inggris, dan telah beradaptasi dengan Culicoides sp baru. vektor yang mampu melewati musim dingin di daerah beriklim sedang.

Virus Bluetongue serotipe 1 pertama kali diidentifikasi di Australia pada tahun 1975 dari serangga yang terperangkap di Northern Territory (NT) tetapi meskipun kehadiran jangka panjangnya, itu tidak menyebabkan penyakit klinis. Sejak saat itu sembilan serotipe telah diisolasi di NT. Distribusi BTV di Australia telah dipantau dalam Program Pemantauan Arbovirus Nasional (NAMP) selama bertahun-tahun dan zona transmisi virus BTV.

Virus ini endemik di Australia bagian utara (Northern Territory, Queensland dan Western Australia) dan penyebarannya meluas ke pantai timur ke New South Wales, selatan Sydney, di tahun-tahun yang menguntungkan bagi vektor.

Referensi: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/a-z-list/bluetongue