Bagaimana penyakit Porcine Reproductive dan Respiratory Syndrome?

Porcine reproductive and respiratory syndrome (PRRS) adalah penyakit menular pada babi yang disebabkan oleh virus PRRS ordo Nidovirales, famili Arteriviridae, genus Arterivirus.

Porcine Reproductive and Respiratory Syndrome

Porcine reproductive and respiratory syndrome (PRRS) adalah penyakit menular pada babi yang disebabkan oleh virus PRRS ordo Nidovirales, famili Arteriviridae, genus Arterivirus. Dua tipe antigenik virus ini adalah tipe 1 (European) dan tipe 2 (American). Virus ini ditransmisikan melalui feses, urin, semen, dan bahanbahanlainnya.

PRRS terjadi pada area yang memiliki banyak peternakan babi di seluruh dunia.

Gejala ditandai adanya kegagalan sistem reproduksi babi dan masalah pernafasan pada anak babi. Kegagalan reproduksi akibat virus ini ditandai dengan infertilitas, mumifikasi, keguguran, bayi lahir mati, bayi lahir lemah, dan lebih sering ditemukan kematian bayi baru lahir akibat infeksi pernafasan dan infeksi sekunder lainnya. Babi yang lebih tua menunjukkan gejala gangguan pernafasan yang lebih ringan dan bisa diperparah oleh adanya infeksi sekunder.

Tidak ada spesies lain yang diketahui dapat terinfeksi penyakit virus ini secara alami.

Penyakit ini bersifat immunosupresif sehingga babi lebih peka terhadap penyakit lainnya, misalnya Haemophilus parasuis, Streptococcus suis, Salmonella spp, Pasteurella multocida atau Actinobacillus pleuropneumonidae, serta Raston Ebolavirus. Infeksi yang terus menerus oleh virus PRRS dan Streptococcus suis akan meningkatkan mortalitas dan meningkatkan kejadian porcine respiratory coronavirus, influenza virus H1N1, dan Paramyxovirus.

Referensi:
http://bbalitvet.litbang.pertanian.go.id/ind/images/publikasi/PHMS