Bagaimana penyakit jamur pada ikan?

Ada banyak tipe jamur yang dapat dibagi lagi ke dalam berbagai kategori. Pada umumnya, jamur yang biasa menyerang Ikan Maskoki adalah jamur yang tampak seperti kapas putih yang dapat mengakibatkan infeksi pada luka yang terbuka. Gejala ini juga merupakan akibat dari infeksi bakteri yang memerlukan pengobatan sesegera mungkin.

Gejala: Tampak suatu benda seperti kapas yang berwarna putih, kelabu atau coklat yang menempel di tubuh maupun sirip Maskoki. Telur Maskoki juga bisa diserang jamur.

Penyebab:

  1. Kecelakaan yang menyebabkan lapisan lendir Maskoki rusak, mungkin disebabkan oleh penanganan yang kurang baik. Atau mungkin juga disebabkan oleh luka fisik di tubuh Maskoki yang dapat menjadi pintu akses bagi jamur di dalam air untuk menempel di tubuh Maskoki.

  2. Mungkin juga merupakan infeksi lanjutan yang disebabkan oleh serangan penyakit Ich, Finrot atau Ulcers sebelumnya.

  3. Perubahan suhu air secara mendadak. Mungkin juga disebabkan oleh kolam yang kurang higienis sehingga menyebabkan Maskoki beresiko terjangkit oleh jamur.

  4. Adanya suatu bahan organik yang membusuk di dalam air juga bisa meningkatkan kemungkinan Maskoki ikut terjangkiti jamur.

Pengobatan: Pindahkan Maskoki yang sakit ke tempat karantina jika memungkinkan. Berikan garam ikan yang beryodium mungkin bisa menyembuhkan penyakit ini. Jika belum bisa, cobalah obati Maskoki dengan metode pengobatan fungisida (misalnya dengan menggunakan Jungle Fungus Eliminator di Amerika Serikat, atau Anti-Fungus Remedy di Britania Raya), atau berikan larutan garam 3%.

Pencegahan: Garam dan metode pengobatan sangat efektif untuk mengatasi penyakit ini. Oleh karena itu kita perlu mengawasi kualitas air selama masa pengobatan. Jika lalai, maka Maskoki bisa mati karena jamur ini.