Bagaimana pentingnya memiliki sikap toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ?

Toleransi merupakan sikap tenggang rasa, menghargai, dan menghormati orang lain dalam kehidupan bermasyarakat. Lalu, bagaimana pentingnya memiliki sikap toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ?

Rasulullah saw. bersabda: Artinya: “Jadilah kamu hamba Allah yang bersaudara.” (HR. Muslim) Dalam hadis tersebut Rasulullah saw. menyerukan tentang pentingnya hidup berdampingan secara rukun layaknya saudara. Dengan bersikap tasamuh maka kita akan mempunyai teman dan saudara yang banyak. Karena orang dengan jiwa tasamuh akan senantiasa memancarkan pesona teduh dan jauh dari kesan-kesan jahat.

Sikap toleransi dalam kehidupan sosial dapat menciptakan rasa kebersamaan. Sikap toleransi juga dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa serta negara. Salah satu bentuk penerapan sikap toleransi dalam kehidupan bernegara adalah sikap tidak membedakan manusia dan memperlakukannya sama satu sama lain. Selain itu, menghargai derajat, harkat, dan martabat orang lain merupakan penerapan sikap toleransi terhadap individu dalam bernegara.

Penerapan sikap toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat menimbulkan sikap saling menghormati dan ketenteraman serta kedamaian. Dengan demikian, program pembangunan yang telah dicanangkan dapat berjalan dengan baik.

Referensi :