Bagaimana Penjelasannya Lebih Detail Mengenai Darah?

darah
Darah merupakan bagian dari tubuh manusia, tapi apakah kita paham makna lebih jauh mengenai darah?

Darah adalah jaringan cair yang terdiri atas dua bagian yaitu plasma darahdan sel darah. Sel darah terdiri dari tiga jenis yaitu eritrosit, leukosit dantrombosit. Volume darah secara keseluruhan adalah satu per dua belas berat badanatau kira-kira lima liter. Sekitar 55% adalah plasma darah, sedang 45% sisanyaterdiri dari sel darah.

Fungsi utama darah dalam sirkulasi adalah sebagai media transportasi,pengaturan suhu, pemeliharaan keseimbangan cairan, serta keseimbangan basaeritrosit selama hidupnya tetap berada dalam tubuh. Sel darah merah mampumengangkut secara efektif tanpa meninggalkan fungsinya di dalam jaringan,sedang keberadaannya dalam darah, hanya melintas saja.

Darah berwarna merah, antara merah terang apabila kaya oksigen sampaimerah tua apabila kekurangan oksigen. Warna merah pada darah disebabkan olehhemoglobin, protein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besidalam bentuk heme, yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen.
anemia

Manusia memiliki sistem peredaran darah tertutup yang berarti darahmengalir dalam pembuluh darah dan disirkulasikan oleh jantung. Darah dipompaoleh jantung menuju paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme berupa karbondioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, lalu dibawakembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Setelah itu darah dikirimkan ke seluruh tubuh oleh saluran pembuluh darah aorta. Darah mengedarkan oksigen keseluruh tubuh melalui saluran halus darah yang disebut pembuluh kapiler. Darahkemudian kembali ke jantung melalui pembuluh darah vena cava superior danvena cava inferior. Darah juga mengangkut bahan bahan sisa metabolisme, obat-obatan dan bahan kimia asing ke hati untuk diuraikan dan ke ginjal untuk dibuangsebagai air seni.