Bagaimana penjelasan mengenai penyakit Q Fever?

Penyakit ini menyerang hewan dan manusia dan bisa ditemukan di hampir seluruh dunia. Bagaimana penjelasan mengenai penyakit Q Fever?

Penyebab
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Coxiella burnetii.

Deskripsi
Bakteri ini dapat dibawa oleh berbagai hewan domestik dan liar, terutama sapi, domba, kambing, bandicoot, kanguru dan walabi. Penyakit klinis tidak umum pada hewan ternak domestik tetapi hewan merupakan sumber infeksi bagi manusia.

Proses terjadinya
Coxiella burnetii dapat menyebabkan aborsi pada domba dan kambing dan jarang pada sapi. Organisme hadir dalam konsentrasi tinggi di plasenta, cairan janin, urin dan faeces dari hewan yang terinfeksi. Sementara demam Q memiliki implikasi yang signifikan bagi kesehatan manusia, strategi kontrol pada ternak biasanya tidak diperlukan.

Hubungan dengan manusia
Sekitar setengah dari kasus demam Q di Australia terjadi di Queensland, dengan sekitar sembilan orang terkena dampak setiap tahun per 100.000 penduduk. Ini bisa mencapai 200 per 100.000 orang di beberapa gubuk pedesaan. Demam Q adalah salah satu penyakit yang paling umum yang manusia kontrak dari hewan.

Demam Q dapat menyebar dari hewan ke manusia melalui menghirup bahan infektif dari jaringan dan cairan plasenta. Infeksi manusia juga dapat terjadi melalui konsumsi susu yang tidak dipasteurisasi dan melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi, produk limbah mereka, atau jerami, wol, rambut dan kulit yang terkontaminasi. Bakteri menolak pengeringan dan dapat hidup dalam debu selama berbulan-bulan. Ini telah menyebar hingga satu kilometer oleh angin. Kutu juga bisa menyebar di antara hewan, tetapi jarang, jika pernah, menyebar ke manusia.

Peternak hewan, petani, dokter hewan, pekerja rumah potong hewan, pengawas daging, dan peneliti biologi yang bekerja dengan hewan hamil paling berisiko. Kambing mungkin merupakan risiko terbesar bagi manusia.

Mereka yang paling berisiko termasuk:

  • Dokter hewan, perawat kedokteran hewan dan siswa
  • Petani
  • Pengawas daging
  • Pekerja rumah sakit - termasuk kontraktor yang mengunjungi situs ini
  • Penangan hewan / transporter
  • Staf laboratorium
  • Peneliti bekerja dengan hewan hamil

Tidak semua orang yang terinfeksi C. burnetii menunjukkan tanda-tanda penyakit klinis. Dalam kasus akut, ia menghasilkan penyakit seperti flu berat yang tiba-tiba. Gejala dapat meliputi; demam tinggi, menggigil, sakit kepala berat, nyeri otot dan sendi dan kelelahan ekstrim. Sekitar sepertiga orang mengalami demam Q kronis. Orang-orang ini mungkin dirawat di rumah sakit karena endocarditis (radang hati). Orang dengan kondisi katup jantung yang sudah ada mengalami peningkatan risiko. Kematian jarang terjadi. Antara 10 hingga 20% orang mengalami kelelahan yang berkepanjangan dan, dalam beberapa kasus, ini cukup berat untuk mencegah orang bekerja selama sisa hidup mereka.

Perawatan untuk manusia
Orang dengan demam Q diobati dengan antibiotik yang tepat dan dapat dirawat di rumah sakit.

Pencegahaan pada manusia

  • Orang yang bekerja dengan hewan atau bahan yang dapat membawa bakteri demam Q harus menggunakan peralatan pelindung dan melaksanakan prosedur untuk mencegah infeksi. Prosedur ini termasuk mencuci tangan dan lengan secara menyeluruh dalam air bersabun setelah menangani hewan dan bangkai.
  • Praktek higienis yang ketat harus diikuti ketika hewan hamil, kulit, wol, jerami, atau bahan yang terkontaminasi lainnya ditangani. Hal ini melibatkan pencegahan menghirup debu atau tetesan cairan yang terkontaminasi, desinfeksi dan pembuangan material yang memadai, dan pengobatan luka dan lecet yang cepat.
  • Bahan kelahiran plasental dan lainnya harus dibakar atau dikubur. Sampah yang terkontaminasi harus dibakar.
  • Susu harus dipasteurisasi atau direbus.
  • Ada vaksin yang tersedia untuk demam Q yang dikembangkan di Australia. Orang-orang yang bekerja atau secara rekreasi terpapar dengan hewan dan / atau bahan yang berpotensi menular harus mencari informasi tentang vaksinasi dari dokter setempat.
  • Hal ini paling penting bagi siapa saja yang memiliki gejala mirip flu yang kemungkinan telah memiliki kontak dengan hewan yang terinfeksi untuk mencari saran medis, dengan menyatakan secara jelas bahwa kontak dengan organisme demam Q mungkin telah terjadi.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/list/q-fever