Bagaimana pengobatan serta pengendalian penyakit Johne Disease?

Johne Disease (JD) adalah penyakit serius pada sapi, domba, kambing, alpaka, llama, unta dan rusa. Bagaimana pengendalian dan pengobatannya?

Pemantauan berkelanjutan

Pantau hewan dan laporkan tanda-tanda diare atau wasting yang mencurigakan. Tes diagnostik dilakukan secara gratis di laboratorium veteriner Biosecurity Queensland.

Pengujian

Pengujiannya rumit dan bisa memakan waktu 12 minggu atau lebih jika timbul komplikasi. Sampel darah dan feses dikumpulkan dari hewan hidup untuk menguji JD.

Kultur feses atau tes PCR memberikan hasil yang dapat diandalkan tetapi tes budaya membutuhkan waktu hingga 3 bulan untuk menyelesaikannya.

Tes darah cepat tetapi sebagian besar cocok sebagai tes kelompok. Interpretasi tes hewan individu mungkin sulit dilakukan karena kesalahan positif dan negatif dapat terjadi.

Sampel jaringan dari usus kecil dan kelenjar getah bening dapat dikumpulkan pada nekropsi untuk pemeriksaan histologis dan kultur.

Pengobatan

Tidak ada pengobatan untuk JD, dan hewan yang menunjukkan tanda-tanda klinis pasti mati. Vaksin tersedia untuk membantu perlindungan terhadap penyakit ovin Johne (OJD) pada domba dan kambing, dan penyakit bovine Johnes pada sapi.

Kecurigaan atau konfirmasi dari JD tetap dapat dilaporkan. Berdasarkan pendekatan baru, Biosecurity Queensland tidak membatasi pergerakan ternak atau mengarantinakan suatu properti jika JD dicurigai atau dikonfirmasi, tetapi akan mengarahkan produsen ke informasi yang akan membantu mereka dalam memahami dan mengelola risiko penyakit Johne.

Setiap orang yang memiliki atau berhubungan dengan hewan yang dicurigai atau dikonfirmasi terinfeksi dengan JD harus mengambil langkah praktis dan masuk akal untuk menahan infeksi dan mengurangi risiko penyebaran penyakit lebih lanjut.

Produser harus bekerja sama dengan dokter hewan setempat untuk mengelola dan memenuhi kewajiban mereka terkait penyakit Johne.

Ref: https://www.business.qld.gov.au/industries/farms-fishing-forestry/agriculture/livestock/animal-welfare/pests-diseases-disorders/johnes-disease