Bagaimana pengobatan anemia defisiensi vitamin B12 ?

Anemia defisiensi vitamin B12 atau folat (vitamin B9) adalah kondisi yang berkembang ketika tubuh kekurangan vitamin B12 atau folat. bagaimana mengobati ini ?

image

Cara-cara mengobati Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat
Anemia defisiensi vitamin B12 dan asam folat kebanyakan mudah diatasi. Pengobatan anemia jenis ini, awalnya akan diberikan vitamin B12 melalui suntikan. Tergantung apakah defisiensi B12 yang diderita berhubungan dengan pola makan atau tidak, Anda mungkin akan membutuhkan tablet suplemen di antara jadwal makan. Atau, bisa juga secara teratur melakukan suntikan vitamin B12. Pengobatan ini mungkin dibutuhkan seumur hidup.

Untuk mengembalikan tingkat asam folat, dibutuhkan tablet asam folat. Tablet ini harus dikonsumsi selama empat bulan untuk mencapai kadar yang normal di dalam tubuh. Defisiensi vitamin B12 atau folat baik dengan atau tanpa anemia, bisa mengakibatkan komplikasi, meski jarang terjadi. Misalnya bermasalah dengan jantung, paru-paru, dan sistem saraf serta meningkatkan risiko kemandulan. Meski begitu, semua komplikasi pada umumnya bisa diobati.