Bagaimana pengobatan abses tangan?

Abses tangan merupakan abses yang disebabkan oleh cidera. Bagaimana cara mengobati abses tangan?

Beragam jenis dokter dapat membantu menangani abses. Orang dewasa dapat menemui internis sementara anak-anak dapat menemui dokter anak. Dokter perawatan keluarga juga terlatih untuk menangani kasus semacam ini, serta dokter gigi dan spesialis kulit, tergantung pada lokasi absesnya. Jika abses muncul setelah operasi, dokter bedah harus bertanggung jawab untuk mengobati atau mengelola abses.

Sangat mudah untuk mendiagnosis abses ketika dapat dilihat secara fisik, seperti ketika muncul pada kulit, amandel, atau gigi. Untuk abses internal pemeriksaan termasuk penghitungan darah lengkap atau penghitungan jumlah sel darah putih dan pemeriksaan pencitraan dapat memberikan dokter gambaran jika terdapat akumulasi nanah. Pilihan pengobatan untuk abses adalah sebagai berikut:

Antibiotik – Tujuan utama dari antibiotik adalah untuk membantu mengontrol dan akhirnya menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi d abses. Namun, perlu diingat bahwa antibiotik juga dapat membunuh bakteri baik, yang dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu perlu untuk mengikuti petunjuk dokter mengenai dosisnya.
Penghilang rasa sakit – Obat ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, nyeri, dan rasa sakit yang terkait dengan abses. Karena obat ini juga memiliki efek samping, sebaiknya menggunakannya hanya bila diperlukan.
Drainase – Drainase mengacu pada proses pembuatan sayatan kecil pada abses untuk memungkinkan nanah atau cairan mengalir, yang secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit. Daerah ini dibersihkan dengan larutan steril sebelum dan sesudah tindakan untuk mengurangi risiko infeksi.
Operasi – Tindakan ini lebih cocok ketika drainase biasa tidak mungkin dilakukan atau ketika abses memiliki risiko. Tindakan operasi melibatkan pembentukan sayatan yang lebih besar pada daerah tindakan untuk membuat nanah mengalir.