Bagaimana pengendalian penyakit Melioidosis?

Bakteri dapat diisolasi dari tanah, air dan lesi infeksi atau makanan dan minuman yang tercemar. Pengiriman sampel dilakukan dengan cara pengiriman bahan infektif bakteri secara umum.

image

PENGENDALIAN
1. Pengobatan
Hanya sedikit informasi yang ada tentang pengobatan yang memuaskan terhadap melioidosis. Pengobatan dengan pemberian antibiotik.

Uji in-vitro menunjukkan bahwa oxytetracycline, novobiosin, chloramphenicol dan sulphadiazine mungkin sangat bermanfaat dan diantaranya oxytetracycline adalah yang terbaik. Penicillin, streptomycin, chlortetracycline dan polymixin tidak efektif dalam pengobatan melioidosis. Chloromycetin sudah terlihat efektif untuk pengobatan pada kuda.
Rifampicin, chloramphenicol dan tetracycline paling efektif, sedang ampicillin dan kanamycin kurang efektif. Kanamycin dan sulfadiazine mengurangi aktifi tas pengobatan pertama bila dikombinasi dengan chloramphenicol atau tetracycline.

2. Pengendalian
Pemberantasan penyakit harus berdasarkan pada pemberantasan hewan yang sudah terinfeksi, dan disinfektasi terhadap kandang serta peralatan pada daerah yang tertular dan juga pada daerah sekitarnya.

Referensi:
http://wiki.isikhnas.com/images/b/b9/Manual_Penyakit_Hewan_Mamalia.pdf