Bagaimana pengendalian penyakit jamur Saprolegniasis pada Ikan Nila, lele dan Gurami ?

Saprolegniasis adalah organisme sejenis jamur/cendawan yang sering ditemukan pada kolam pembenihan ikan nila. Saprolegniasis sering menyerang telur-telur ikan nila, larva dan benih ikan nila. Penyakit ini biasanya menyerang bagian luar tubuh ikan. Gejala serangan terlihat seperti benang-benang halus berwarna putih sampai putih kecoklatan.

Bagaimana pengendalian penyakit jamur pada Ikan Nila yang disebabkan oleh Saprolegniasis?

Penyakit Jamur pada Ikan Nila yang Disebabkan Oleh Saprolegniasis

Pengendalian PENYAKIT JAMUR pada ikan nila :

  • Menjaga kualitas air yang digunakan
  • Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan merendam telur atau ikan yang terserang dalam larutan malachite green 1 mg/liter selama 1 jam, atau larutan formalin 200-300 mg/liter selama 1-3 jam, atau NaCl 5 gram/liter selama 15 menit.
  • Lakukan pengobatan beberapa kali sampai ikan sembuh

Sumber:
https://mitalom.com/10-tips-cara-pengendalian-hama-penyakit-pada-ikan-nila/

Jamur yang mampu berkembangbiak baik di air tawar dan payau ini biasanya tumbuh pada bangkai ikan, tapi bisa juga pada luka di kulit ikan yang masih hidup. Hifa (benang halus) seperti kapas akan menjalar menembus daging ikan dan menyerap nutrisinya. Jamur akan terlihat menempel pada ekor, insang, dan kepala ikan. Ikan yang terkena infeksi jamur ini ciri-cirinya bergerak-gerak gelisah, lalu jika infeksi sudah meluas maka ikan akan kehilangan nafsu makan, lemah, sampai akhirnya mati.

Pemicu adanya jamur ini antara lain adalah penanganan yang kurang baik sehingga menimbulkan luka, kadar oksigen terlalu rendah, bahan organik di kolam terlalu tinggi, dan kualitas air buruk.

Upaya pencegahan penyakit Saprolegnia ini antara lain:

  • Hindari penanganan yang menyebabkan luka, seperti pada saat memilah, menjaring, dan menebar.
  • Pada ikan yang terserang jamur, garam dapur bisa diberikan ke kolam sebanyak 400 gram/m2. Setelah 24 jam, air diganti dengan yang baru. Selain garam, bisa juga dengan memberikan malachite oxalate sebanyak 1 mg/liter selama 12 jam atau larutan formalin 200 ppm selama 2 jam.
  • Jamur juga dapat menyerang telur ikan. Untuk mengatasinya, telur ikan yang terserang direndam dengan malachite green 1 mg/liter selama 1 jam atau larutan formalin 200-300 gram/liter selama 1-3 jam. Garam dapur juga bisa digunakan sebanyak 5 gram/liter selama 15 menit.

Ref: http://efishery.com/efishery-university/siar/mengatasi-penyakit-ikan-dan-udang/