Bagaimana pengelompokan protein berdasarkan fungsinya?

Protein adalah polipeptida. Apakah perpedaan suatu protein dengan protein lainnya? Pada prinsipnya perbedaan suatu protein dengan protein lainnya terletak pada jumlah dan urutan residu asam amino penyusunnya. Seberapa banyak protein dapat terbentuk dari kombinasi 20 asam amino? Kombinasi asam amino ini menghasikan protein dengan urutan residu asam amino tertentu yang akan menentukan sifat dan fungsinya. Protein mempunyai bermacam fungsi biologi yaitu :

  • Enzim
    Enzim adalah katalis biologi.strong text Enzim mengkatalisis hampir semua reaksi yang terjadi di dalam mahluk hidup. Kebanyakan enzim yang telah dipelajari adalah protein. Reaksi akan berlangsung berhari-hari atau berminggu-minggu atau membutuhkan suhu yang tinggi tanpa enzim. Sebagai contoh enzim pencernaan, pepsin, trypsin, dan chymotrysin yang mendegradi protein pada diet kita agar asam amino dapat diserap untuk digunakan oleh sel kita.

  • Protein Pertahanan
    Protein pertahanan termasuk antibodi (juga dinamakan immunoglobulin) yang merupakan molekul protein yang mempunyai spesifik tinggi. Protein ini dihasilkan oleh sel khusus dari sistem immun dan berperan merespon antigen asing. Antigen asing ini termasuk bakteri dan virus yang menginfeksi tubuh.

  • Protein Transport
    Protein transport membawa material dari satu tempat ke tempat lainnya di dalam tubuh. Protein transport transfferin membawa besi dari liver ke sum-sum tulang dimana besi digunakan untuk mensintesa gugus heme untuk hemoglobin. Hemoglobin merupakan protein yang berikatan dan pembawa O2 dan CO2 di dalam sel darah merah, sedangkan myoglobin merupakan protein penyimpan oksigen.

  • Protein Pengatur
    Protein pengatur mengontrol banyak aspek dari fungsi sel termasuk metabolisme dan reproduksi. Suhu tubuh, pH darah, kadar glukosa darah harus diatur dengan hati-hati. Banyak hormon yang mengatur fungsi tubuh seperti insulin, glucagon adalah protein.

  • Protein Struktur
    Protein struktur menyediakan pendukung mekanik untuk sebagian besar binatang dan menyediakan penutup luar. Rambut dan kuku kita adalah sebagian besar tersusun dari protein keratin. Protein lainnya menyediakan kekuatan mekanik untuk tulang kita, urat (tendon), dan kulit.

  • Movement Proteins
    Protein pergerakan adalah perlu untuk semua bentuk pergerakan. Otot kita yang termasuk otot yang paling penting adalah jantung, berkontraksi dan berekspansi melalui interaksi dari protein actin dan myosin. Sperma dapat berenang karena mempunyai flagela yang panjang yang terbuat dari protein.

  • Nutrien Protein
    Protein nutrien menyediakan asam amino untuk embrio dan janin. Albumin telur dan kasein susu adalah contoh protein penyimpan makanan.

  • Beberapa protein berfungsi sebagai poros atau saluran pada membran yang memungkinkan lewatnya molekul bermuatan dan kecil.

  • Protein pada permukaan sel dapat bertindak sebagai reseptor untuk berbagai macam ligan dan sebagai modifier interaksi sel dengan sel.