Bagaimana pengelompkkan jenis penyakit pada Ikan secara garis besar ?

Penyakit ikan

Penyakit ikan merupakan segala sesuatu yang dapat menimbulkan gangguan suatu fungsi atau struktur dari alat tubuh atau sebagian alat tubuh, baik secara langsung maupun tidak lansung.

Pada prinsipnya penyakit yang menyerang ikan tidak datang begitu saja, melainkan melalui proses hubungan antara tiga faktor, yaitu kondisi lingkungan (kondisi di dalam air), kondisi inang (ikan), dan adanya jasad pathogen (jasad penyakit). Dengan demikian timbulnya serangan penyakit itu merupakan hasil dari interaksi yang tidak serasi antara lingkungan, ikan, dan jasad/ organisme penyakit.

Bagaimana pengelompkkan jenis penyakit pada Ikan secara garis besar ?

Secara garis besar, jenis-jenis penyakit pada ikan dikelompokkan menjadi 2, yaitu sebagai berikut ;

  1. Penyakit Parasiter/Infektif (Infectious disease)
    Adalah penyakit yang disebabkan oleh aktivitas organisme parasit. Organisme yang sering menyerang ikan peliharaan antara lain virus, bakteri, jamur, protozoa, golongan cacing dan udang renik. Bakteri dan virus akan menyebabkan infeksi pada ikan budidaya, sementara yang disebabkan oleh parasit akan mengakibatkan investasi pada ikan budidaya.

  2. Penyakit Non Parasiter/Non Infektif (Non Infectious disease)
    Adalah penyakit yang disebabkan bukan oleh hama maupun organisme parasit. Penyakit ini dapat dikelompokkan menjadi tiga berdasarkan faktor penyebabnya yaitu faktor lingkungan, faktor pakan/nutrisi, dan faktor genetik/turunan.

Sumber:
https://mitalom.com/macam-macam-hama-penyakit-ikan-karakteristik-dan-pengelompokannya/