Bagaimana Pengaruh Youtube Sebagai Media Dakwah Yang Bebas?

Youtube

Youtube saat ini banyak digunakan sebagai media dakwah (khususnya umat islam). Kita bisa ambil contoh Ustadz Hanan Aataki dengan konten ‘shift’-nya.

Secara umum, definisi dakwah yang dikemukakan para ahli menunjuk pada kegiatan yang bertujuan perubahan positif dalam diri manusia. Perubahan positif ini diwujudkan dengan peningkatan iman, mengingat sasaran dakwah adalah iman. Karena dalam islam dakwah seringkali memberikan solusi Islam dalam berbagai masalah dalam kehidupan. Untuk itu dakwah harus dikemas dengan cara yang menarik dan tampil secara aktual, faktual dan kontekstual. Salah Satu contohnya adalah youtube. Dengan youtube banyak hal yang dapat dibagikan seseorang untuk melakukan banyak hal serta berbagai cara dan konten bagaimana mereka menyebarluaskan suatu agama seperti Islam.

Berikut ini beberapa alasan dan mengapa youtube memberi pengaruh serta digunakan sebagai media dakwah.

  1. Ekonomis yaitu youtube gratis untuk semua kalangan. Disini youtube dapat diakses secara gratis sehingga memungkinkan penggunannya secara leluasa untuk menontonya

  2. Interaktif yaitu youtube memfasilitasi kita untuk berdiskusi ataupun melakukan tanya jawab sehingga dalam berdakwah yang sifatnya persuasive dapat diterima banyak orang karna adannya diskusi didalam dakwah tersebut

  3. Praktis yaitu youtube mudah digunakan dan dapat diikuti oleh semua kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa dapat dengan mudah mempelajari dan mengakses youtube

  4. Sheareable yaitu youtube memiliki fasilitas link HTML, Embed kode video dakwah yang dapat di sheare di jejaring sosial seperti facebook, twitter dan juga blog/website. Karena dengan berbagai media elektronik yang terdapat saat ini, semua media elektronik dapat melihat konten dakwah yang telah di sebar melalui youtube melalui link yang telah disebar

  5. Potensial yaitu youtube merupakan situs yang paling poluper di dunia internet saat ini yang mampu memberikan edit value terhadap dakwah suatu agama. Dengan kepopuleritasan youtube ini dapat lebih mudah dalam menyebarkan dakwah.

Youtube merupakan website video terbesar yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Youtube didirikan oleh tiga pegawai yaitu PayPal, yakni Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Youtube kemudian dibeli oleh Google pada November 2006 dengan harga yang luar biasa yaitu 1,65 miliar dollar.

Website ini memungkinkan video clips, TV show clips, music videos, film pendek, rekaman audio, movie trailers, video blog, dan lainnya dibagikan kepada seluruh pengguna Youtube di berbagai belahan dunia. Proses pembelajaran telah mengalami perubahan baru, dewasa ini pengaplikasian medium internet semakin banyak digunakan dalam dakwah.

Di antara medium dakwah popular dalam internet adalah YouTube sebagai media produktif dalam proses pembelajaran agama. YouTube merupakan sebuah laman yang memudahkan pengguna untuk mengakses video dakwah dengan cepat dan kapanpun. Youtube digunakan untuk menyebarkan info dan mempelajari agama karena sifatnya yang dapat menggabungkan elemen audio dan visual yang lebih inovatif dan kreatif. Dengan adanya youtube dakwah yang biasanya disampaikan langsung oleh para ustadz dapat di lihat langsung secara online oleh para pengguna.

Youtube sangat memudahkan penyebaran agama islam karena akses yang gampang dan mudah. Berdakwah melalui media internet tergolong cukup mudah dan sangat praktis bukan hanya jangkauannya yang sangat luas, internet juga menghilangkan batas-batas rasisme, golongan, agama dan lainnya sehingga internet menjadi media bebas untuk menuangkan pemikiran seseorang dalam sebuah tulisan dan tidak terbatas oleh waktu dan ulasan pembahasannya pun akan lebih gamblang, mengena dan dapat ditelaah pembacanya kapanpun dan dimanapun ia berada. Jadi untuk mengulas sebuah permasalahan yang banyak terjadi dimasyarakat seorang da’i harus memiliki wawasan yang luas serta pengalaman baik bersifat pribadi atau pengalaman yang didapatkan dari orang lain.

Referensi :
http://www.webkos.co.id/id/blog/indonesia-keuntungan-menggunakan-youtube-marketing

Youtube.com merupakan portal untuk berbagi video terbesar di dunia saat ini. Youtube memiliki sekitar 1,3 milyar pengguna. Kurang lebih 300 jam video diunggah ke youtube setiap menitnya dan hampir 5 milyar video ditonton oleh pengguna di seluruh dunia setiap hari.

Dakwah bisa diartikan sebagai menyeru atau mengajak kepada sesuatu perkara, yakni mengajak manusia kepada jalan Allah agar menerima dan menjadikan Islam sebagai dasar dan pedoman hidupnya. Semua orang bebas untuk mengakses dan membagikan konten video di Youtube sehingga penyebarannya bisa sangat meluas. Setiap orang juga bisa mencoba untuk berdakwah meskipun dia bukan seorang da’i atau ustadz di kehidupan sehari-harinya.

Maka tidak salah jika youtube merupakan media yang cocok untuk berdakwah.

Sumber : https://fortunelords.com/youtube-statistics/

Saya setuju dengan mas iqbal0804 yang mengatakan bahwa dakwah sebenarnya tak lain adalah kegiatan (penyebaran informasi) yang bertujuan untuk membawa perubahan positif dalam diri manusia.Saya ingin menekankan kalimat “PENYEBARAN INFORMASI”. YouTube seperti yang kita tahu adalah media penyebaran informasi yang bebas. Saya punya satu contoh kasus yang saya ambil dari laman

Pertanyaannya adalah:
Bagaimana kalau informasi yang disebarkan ke khalayak adala ternyata menyinggung hal-hal yang dilarang atau menentang daripada norma yang berlaku di Negara kita?
Apakah benar Ustadz Abdul Somad memberikan ujaran kebencian pada masyarakat?
Lantas akun siapa / akun yang mana yang harus saya tonton?