Bagaimana pengaruh teknologi informasi terhadap manajemen dan organisasi ?

Seiring berjalannya waktu, dampak penggunaan teknologi semakin tersebar secara cepat dan masif. Hal tersebut pastilah menyebabkan dampak dalam beberapa sektor misalnya dalam manajemen organisasi.

Bagaimana dampak dari adanya teknologi informasi tersebut dalam manajemen dan organisasi ?

Tingkat Mikro

Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Akun:

Dibandingkan SDM, Administrasi dan Akun dianggap sebagai pilar utama sebuah organisasi pada umumnya, sangat penting bahwa proses mereka diasah dengan sempurna dan berjalan dengan cara yang bebas dari kesalahan. Dari persyaratan dasar seperti Perhitungan Kehadiran dan Gaji hingga Evaluasi Karyawan, hingga sistem dan prosedur yang lebih kompleks seperti Perhitungan Pendapatan Bruto dan Laba Bersih, kami memiliki teknologi informasi yang menawarkan sejumlah pilihan untuk membuat proses berbasis perintah otomatis untuk membantu hal yang sama.

Melalui sarana internet, yang merupakan bagian penting dari teknologi saat ini, pengumpulan informasi semudah sebelumnya, terutama bila menyangkut sistem baru dan berkembang yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan organisasi. Untuk organisasi skala kecil, ketersediaan sistem siap pakai semacam itu booming, karena persyaratan mereka biasanya berkisar pada tingkat yang lebih mendasar. Kami juga memiliki perangkat lunak CRM dan ERP, yang menyediakan semua data penting dalam berbagai format, seperti yang dipersyaratkan oleh berbagai bagian perusahaan.

Selain itu, ada tersedianya sejumlah pilihan bagi pimpinan untuk “berburu”, dengan situs web terkait pekerjaan yang mengambil alih metode mempekerjakan orang yang lebih tua. Ini adalah topik yang memerlukan studi lebih lanjut dan merupakan artikel tersendiri, bagaimana sektor rekrutmen berubah dan telah berubah.

Maka tentu saja, ada gelombang baru yang memungkinkan karyawan bekerja dari mana saja di dunia ini, asalkan persyaratan kerja dan waktu yang biasa terpenuhi. TI dan bidang teknologi terkait lainnya memberikan keadaan yang sempurna untuk fleksibilitas semacam itu.

Komunikasi:

Bayangkan Anda ingin mengatur pesta. Sekitar dua puluh tahun yang lalu, keadaan seperti itu mengharuskan Anda menghubungi kediaman atau nomor kantor undangan Anda, memastikan Anda menangkap mereka pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat. Pilihan lain adalah mengirim undangan melalui pos, yang cukup rumit dan tidak mungkin digunakan pada saat itu juga. Hari ini, yang perlu dilakukan hanyalah membuat grup pada aplikasi Smartphone tertentu, dan voila! Pesan tersebut sampai kepada semua orang tidak lebih dari beberapa detik, dimanapun mereka berada di dunia ini. Sepertinya saya memiliki catatan kecil di kotak pos saya dari tetangga yang mengatakan bahwa saya harus mengharapkan beberapa kebisingan pada malam tertentu dan pada jam 1 pagi ini akan berhenti. Pada saat bersamaan saya diberitahu bahwa polisi juga sadar jika terjadi sesuatu. Saya bertanya pada diri sendiri berapa lama sebelum hal ini dikomunikasikan dalam bentuk lain juga.

Pada tingkat organisasi, tidak berbeda. Munculnya E-mail, Instant Messengers dan tentu saja, Mobile Phones telah mengubah wajah Komunikasi saat ini. Konferensi Web, penggunaan Aplikasi Smartphone seperti Whatsapp dll menyediakan lingkungan yang sangat kondusif untuk situasi seperti yang disebutkan di atas, ‘bekerja dari rumah’, atau bahkan yang biasanya disebut sebagai pekerjaan di luar kantor. Saat ini, perusahaan dapat mengirimkan perwakilannya ke cabang lain atau perusahaan asosiasi atau klien dan masih berada dalam lingkaran kemajuan sebuah proyek melalui sarana teknologi.

Sebenarnya, banyak jenis perangkat lunak telah diperkenalkan di berbagai organisasi, terutama untuk komunikasi internal - utusan IP. Untuk komunikasi eksternal, dari topik yang berkaitan dengan bisnis dengan salam natal umum dan kegiatan berbasis Brand Loyalitas lainnya; Semuanya bisa dicapai dengan teknologi.

Jumlah organisasi kecil saat ini yang menyiapkan toko dengan alat berbasis awan seperti Office 365 memungkinkan dan mendorong anggota tim untuk bekerja dari rumah. Ya, ini memang menimbulkan sejumlah kekhawatiran namun juga memungkinkan fleksibilitas.

Pemasaran dan Branding:

Sektor Pemasaran dan Branding telah mendapatkan banyak keunggulan dalam beberapa dekade terakhir, terutama karena peningkatan sarana untuk mencapai hal yang sama. Lewatlah sudah hari-hari ketika surat kabar, atau radio, atau televisi (yang tentu saja merupakan penemuan yang sangat signifikan) adalah satu-satunya alat iklan dan pemasaran merek seseorang.

Saat ini, Social Media adalah salah satu alat terkuat untuk melakukannya, dengan berbagai situs seperti Facebook, Twitter dan tentu saja, pencipta Jaringan Profesional, LinkedIn, yang kesemuanya mempertemukan merek dan orang di seluruh dunia agar tidak hanya saling mengenal satu sama lain. , tetapi juga membahas berbagai tren terkini di pasar, serta Praktik Terbaik dalam berbagai isu berbasis Manajemen dan Organisasi.

Tingkat Makro

Teknologi telah membuat dampak yang sangat dalam pada aspek bisnis dan Industri yang lebih global, dan terus melakukannya, dengan metode fungsi yang lebih baru dan lebih efisien diciptakan hampir setiap hari.

Ketika menyangkut Ekonomi Global, kita melihat Teknologi sebagai industri tersendiri, dengan TI menjadi yang tertinggi di jajaran eselonnya. Besarnya efek industri khusus terhadap ekonomi ini agak jelas, apa dengan penyediaan solusi konstan untuk setiap jenis masalah dan tuntutan organisasi.

Sumber: