Bagaimana pengaruh teknologi 3d Printing terhadap dunia?

3D Printing adalah sebuah terobosan baru dalam dunia teknologi. Terobosan ini sangatlah populer di seluruh belahan dunia, terutama di kalangan ilmuan dan bangsawan.

Bagaimana pengaruh teknologi 3d Printing terhadap dunia ?

image

Teknologi 3D Printing Membawa Perubahan Besar Pada Dunia


Mungkin sebagian besar orang-orang Indonesia sudah tau mengenai teknologi 3D Printer yang telah begitu dikenal sejak tahun 2010 ini. Teknologi yang juga dikenal dengan sebutan Additive Layer Manufacturing ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980an. Dalam sejarahnya teknologi ini pertama kali diciptakan oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp. Pada tahun 1984. Sejak saat itu 3D Printer terus berkembang dan digunakan secara luas seperti dalam bidang arsitektur, otomotif, militer, medis, fashion, bahkan biotech. Pada awalnya 3D Printing dikenal dengan sebutan Rapid Prototyping, yaitu suatu proses di mana seorang engineer atau insinyur mendesain file CAD kemudian mencetaknya dengan 3D Printer. Tetapi material yang dulu digunakan tidak cukup kuat untuk dapat disebut sebagai produk. Kemudian 3D printing mulai berhasil ketika prosesnya menggunakan material baru yang disebut nanocomposite, yaitu gabungan dari berbagai material plastik dan besi.Terima kasih pada Chuck Hull yang telah menciptakan teknologi luar biasa ini.

Penggunaan Printer 3D


3D printer ini bisa mencetak, modelling, prototipe /pemodelan, alat-alat peraga untuk pendidikan khususnya Lab, model perhiasan, desain produk, mainan anak-anak dan berbagai kebutuhan untuk mencetak bentuk dalam 3 dimensi.

Cara Kerja Printer 3D


Cara kerja printer 3D hampir sama dengan Andamencetak di printer 2D namun hanya sisi desainya yang berbeda. Cara kerjanya;

  1. Desain Model
    Jika ingin melihat hasil kerja dari printer 3D Anda harus buat dulu desain model dalam bentuk tiga dimensi, dan ini juga menggunakan software khusus untuk model desain 3D( Seperti Auto CAD, dan software animasi 3D) yang mendukung printernya, misalnya Anda desain Gambar 3D Robot untuk Anak Anda atau untuk percobaan dengan menggunakan software desain 3D
  2. Printing
    Jika terlah selesai didesain 3D Robotnya Anda bisa langsung print di printer 3D. Proses mencetak pun dimulai, lamanya mencetak tergantung besar dan ukuran model.
  3. Finishing
    Setelah dicetak, proses finishing pun dilakukan, dengan melihat hasil cetakan dari desain 3D robot yang Anda buat. Begitulah cara kerja printer 3D.

Dampak Positif dan Negatif adanya 3D Printing


Ternyata teknologi 3D Printing tidak serta merta diterima baik oleh masyarakat. Kenyataannya ia dapat menyebabkan perubahan yang membahayakan untuk kehidupan dunia. Salah satu efek buruk yang bisa disebabkan oleh teknologi 3D Printing adalah matinya pekerjaan-pekerjaan manufaktur.

Adapun spesifikasi dari pekerjaan manufaktur umumnya berupa pekerjaan yang membutuhkan kemampuan rendah seperti layanan jasa. Padahal, beberapa negara besar, seperti China misalnya, lebih banyak bergantung pada keberadaan pekerjaan berbasis jasa untuk dapat memenuhi kebutuhan ekonominya. Selain itu, 3D Printing juga tidak praktis dalam beberapa hal, salah satunya adalah material pembentuk. Seperti halnya printer 2D yang materialnya hanya berupa tinta, printer 3D juga memiliki keterbatasan yakni bisa menyediakan satu jenis material saja untuk satu mesinnya.

Adapun material yang hingga saat ini sudah ada adalah plastik, metal, dan keramik. Untuk material campuran (untuk membuat lintasan jalan raya misalnya) juga ada sebenarnya, namun masih dalam tahap pengembangan. Keterbatasan ini berlaku juga untuk pewarnaan produk. Apapun warna yang ada di gambar, produk yang tercetak nantinya hanya akan memiliki satu warna sesuai dengan material yang ada di dalam printernya. Sebab itu, ketika ingin mengaplikasikan warna yang beragam untuk satu produk, perlu dilakukan pengecatan secara manual menggunakan pilox atau pewarna lainnya.

image


http://www.dunia-info.ga/2016/03/printing-membawa-perubahan-besar-pada.html

3D Printing adalah sebuah terobosan baru dalam dunia teknologi. Terobosan inisangatlah populer di seluruh belahan dunia, terutama di kalangan ilmuan danbangsawan. Hal ini karena mereka percaya bahwa teknologi 3D Printing akan mampu membawa dunia ini pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Terkait dengandefinisinya sendiri, 3D Printing adalah sebuah printer dengan kecanggihankhusus, yakni mampu mencetak benda, yang sama persis dengan gambar soft file-nya, dalam bentuk 3D (tidak lagi sebatas mencetak gambar di atas kertassaja). Lantas, apa saja manfaat nya?

BidangMedis

Implan: Penggunaan 3D printing ini untuk kepentingan implan. Implan yang dibuat dengan teknik 3D printing ini juga sangat mirip dengan bagian tubuh pasien. Biasanya,pasien di scan terlebih dahulu yang diubah menjadi bentuk 3D di komputer dan diproses pada printer 3D. Konon dengan teknologi ini akan dapat berkembang dan bisa membantu pemulihan tubuh dengan sempurna. Mungkin manusia akan seperti cicak dimasa depan, dimana saat ada bagian tubuhnya terpotong, maka bisa tumbuhlagi dengan teknik ini.

Tangan/Kaki Robot : Tangan/Kaki robot diciptakan untuk membantu orang-orang yang tidak memiliki jari-jari tangaan. Tangan/Kaki robot yang dicetak menggunakan 3d printing ini dapat disesuaikan dengan bentuk tangan pengguna tangan robot itusendiri

Tulang Buatan : Selain itu, 3D Printer juga dapat membuat tulang-tulang buatan

Bioprinting : Dunia medis juga mulai menggunakan metode 3D printing untuk keperluan penyembuhan pasien. Saat ini sudah ditemukan bahan yang sangat mirip dengan liver manusia yang dikenal dapat memperbaiki dan tumbuh saat ada bagiannya yang rusak. Memang, bahan ini tidak dapat tumbuh layaknya liver, tetapi, bahan ini dapat merangsang sel-sel tubuh kita untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Bidang Industri

Pada bidang industri pabrikan maupun rumahan, 3D Printer dapat berguna untuk mencetak produk-produk industri seperti gitar, phone case, alat-alat rumah tangga, pajangan, mobil, dll

Bidang Fashion

Sepatu : Pada bidang fashion, 3D Printer sudah mampu membuat produk-produk sepatu baik sepatu wanita maupun pria.
Baju : Akhir-akhir ini banyak desainer yang membuat baju dengan 3D Printer dengan aksen motif futuristic.

Bidang Arsitektur

Model prototype bangunan: Bagi bidang arsitek, 3D Printer dapat membuat model-model prototype bangunan seperti rumah, gedung, dll.

Kelebihan:

Saat ini pembuatan produk bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan mendetail dengan teknik ini, bahkan sampai ukuran millimeter. Hal ini dikarenakan majunya teknologi yang sudah dikembangkan untuk software dan printer 3D. Biasanya, pembuatan satu objek membutuhkan waktu sekitar 1 menit bahkan kurang. Tapi, bila bentuk objek rumit, maka bisa makan lebih dari itu.

Dibanding dengan membuat objek secara manual, tentu saja dengan 3D Printing lebih efisien waktu.Dapat memproduksi produk-produk pabrikan seperti sepatu, perhiasan, baju, phone case, mainan, bahkan mobil, dll

source: http://www.xyz-printer3d.co.id/2017/09/23/teknik-cetak-3d-3d-printing-seal-mit/