Bagaimana pengaruh penyakit TGE terhadap populasi babi?

Suatu penyakit pasti menimbulkan pengaruh bagi populasi di sekitarnya. Bagaimana pengaruh yang dihasilkan penyakit TGE?

talfan

Suatu perusahaan dapat ditulari karena gabungan babi yang berada dalam stadium inkubasi atau yang masih mengeluarkan virus. Sekali-kali penyakit terlihat pada induk babi yang baru melahirkan anak. Mungkin sekali stres merupakan faktor mengaktifkan. Babi sakit menyebarkan banyak virus dalam tinja.

Hama ini dapat tersebar di antara babi secara langsung atau melalui perantara (manusia, barang-barang terhama). Juga anjing dapat merupakan sumber infeksi selama satu hingga dua minggu karena mengeluarkan virus dalam tinja sesudah ditulari. Sesudah infeksi eksperimental virus biasanya hanya dapat ditunjukkan dalam tinja selama satu hingga dua minggu. Secara perkecualian ekskresi virus berlangsung selama 8 minggu atau lebih lama. Virus dapat juga diasingkan dari paru-paru hingga 3 bulan sesudah infeksi. Dalam beberapa keadaan infeksi menghilang 3 sampai 4 minggu sesudah introduksi pada perusahaan.

Pada perusahaan besar di mana selalu dilahirkan anak-anak babi atau yang selalu membeli babi, TGE dapat berlangsung lebih lama. Di beberapa negara telah diobservasi jalan penyakit secara siklis: sesudah beberapa tahun merajalela, penyakit menghilang dan kemudian diikuti dengan eksplosi baru. Di negara-negara beriklim 4 musim, penyakit terutama dilihat pada musim dingin. Hal ini mungkin berkenaan dengan kurangnya resistensi virus terhadap panas dan cahaya matahari. Sesungguhnya tidak jelas bagaimana virus dapat tahan pada suhu tinggi dalam musim panas.

Referensi: Ressang, AA. 1986. Penyakit Viral Pada Hewan. Jakarta: UI-Press.