Bagaimana pengaruh pengangguran terhadap perekonomian di suatu negara?

dampak pengangguran
Pengangguran sangat berpengaruh terhadap perekonomian dan sosial masyarakat suatu negara. Pertumbuhan ekonomi yang menurun dan juga tingkat kesejahteraan masyarakat yang menurun merupakan pengaruh dari adanya pengangguran.

1 Like

Berikut ini beberapa pengaruh pengangguran terhadap perekonomian dan kehidupan sosial:

  • Menurunkan pendapatan masyarakat. Pengangguran artinya seseorang tidak memiliki pendapatan dan ini menyebabkan pendapatan masyarakat secara umum turun. Turunnya pendapatan maka menurunkan daya beli masyarakat. Daya beli masyarakat yang turun akan menyebabkan turunnya permintaan barang/jasa dan komponen konsumsi dari PDB juga turun. Ini artinya perekonomian di negara tersebut menurun.

  • Menurunkan tingkat investasi modal. Karena pengangguran tidak memiliki pendapatan maka mereka pun tidak memiliki kesempatan untuk menabung. Sehingga, mereka dapat menurunkan investasi, dan selanjutnya juga menurunkan PDB di negara tersebut.

  • Menurunkan penerimaan pemerintahan. Pengangguran juga menurunkan jumlah transaksi ekonomi, yang berarti menurunkan pajak pendapatan dan pajak dari transaksi ekonomi. Jadi, semakin tinggi jumlah pengangguran maka pajak dari masyarakat dan penerimaan pemerintah juga turun, sehingga pengeluaran pemerintah ikut turun, dan dampaknya pada PDB yang juga menurun.

  • Menurunkan keterampilan masyarakat. Secara tidak langsung menganggur adalah kondisi tidak terpakainya sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat. Keadaan menganggur menyebabkan para tenaga kerja kehilangan pengalaman atau penurunan keterampilan yang dimilikinya. Semakin lama menganggur semakin banyak juga kehilangan pengalaman dan keterampilan seseorang.

  • Meningkatkan biaya sosial. Pengangguran menimbulkan beban terhadap masyarakat akibat biaya sosial yang harus dikeluarkan, seperti biaya perawatan pasien yang depresi karena menganggur, biaya keamanan dan biaya pengobatan akibat meningkatnya tindak kriminalitas yang dilakukan oleh penganggur, serta biaya pemulihan dan renovasi beberapa tempat akibat demostrasi dan kerusuhan yang dipicu oleh ketidakpuasan dan kecemburuan sosial para penganggur.