Bagaimana pengaruh lingkungan terhadap manajemen organisasi ?

lingkungan organisasi

Ada berbagai macam faktor dalam menentukan apakah manajemen organisasi berjalan dengan baik atau tidak, dan faktor lingkungan adalah salah satu yang termasuk di dalamnya. Bagaimana pengaruh lingkungan terhadap manajemen organisasi ?

Salah satu indikasi keberhasilan manajemen organisasi adalah bagaimana manajemen mampu menghandle pengaruh yang ditimbulkan oleh faktor lingkungan. Dalam lingkungan organisasi terdapat dua jenis lingkungan yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal.Lingkungan internal itu sendiri adalah faktor-faktor atau kondisi umum yang berada di dalam suatu organisasi, yang termasuk didalamnya adalah karyawan atau pegawai, serta pimpinan manajer. Sedangkan lingkungan eksternal adalah segala sesuatu di luar batasan organisasi yang mungkin mempengaruhinya, yaitu yang berpengaruh langsung dan tidak langsung.

Faktor Lingkungan yang Secara Langsung Berpengaruh terhadap Manajemen yaiu :

  1. Pesaing
    Dengan persaingan yang dihadapi organisasi dapat mengetahui posisi persaingannya sehingga mampu mengoptimalkan operasinya.

  2. Langganan
    Langganan dapat berupa lembaga seperti sekolah, kantor pemerintah atau langganan perseorangan.

  3. Penyedia
    Setiap organisasi sangat tergantung pada sumber daya untuk memenuhi kebutuhan produksi.

  4. Lembaga-lembaga Keuangan
    Organisasi tergantung pada bermacam-macam lembaga keuangan seperti bank, perusahaan asuransi termasuk pasar modal untuk menjaga dan memperluas kegiatannya.

  5. Pasar Tenaga Kerja
    Organisasi memerlukan karyawan dengan bermacam-macam ketrampilan, kemampuan dan pengalaman. Kemampuan menarik dan mempertahankan karyawan yang cakap merupakan prasyarat bagi perusahaan yang sukses.

  6. Perwakilan Pemerintah
    Perwakilan pemerintah ini biasanya menetapkan peraturan, prosedur perijinan, dan pembatasan lain untuk melindungi masyarakat.

Sedangkan Faktor Lingkungan yang Secara Tidak Langsung Berpengaruh Terhadap Manajemen yaitu:

  • Perkembangan Teknologi
  • Ekonomi
  • Lingkungan Sosial Kebudayaan
  • Politik dan Hukum

Alasan mengapa harus menganalisis lingkungan perusahaan yaitu untuk mengetahui dan meramalkan apa yang akan terjadi besok, dan mengantisipasi resiko dari tindakan yang dilakukan oleh suatu organisasi. Dilihat dari sifatnya lingkungan organisasi harus membaca dengan cepat kondisi lingkungan, bekerjasama untuk mengendalikan lingkungan, merespon dan menyiapkan diri mengahadapi lingkungan organisasi untuk membuka diri dengan perusahaan lain.