Bagaimana pengaruh laju pertumbuhan penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi ?

pertumbuhan ekonomi

Bagaimana pengaruh laju pertumbuhan penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi ?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yesi Hendriani Supartoyo, dengan judul penelitian “The economic growth and the regional characteristics: the case of Indonesia”, laju pertumbuhan penduduk cenderung berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara tidak signifikan.

Hasil penelitian yang diperoleh sama dengan penelitian yang dilakukan oleh Simamora dan Sirojuzilam (2008) yang menunjukkan bahwa laju pertumbuhan penduduk tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi regional.

Pengaruh tidak signifikannya laju pertumbuhan penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi disebabkan antara lain rendahnya kualitas modal manusiaangkatan kerja yang melakukan aktivitas ekonomi. Penduduk yang besar dengan kualitas penduduk yang rendah menyebabkan penduduk tersebut menjadi beban bagi pertumbuhan ekonomi dan bukan pemacu.

Menurut teori-teori pertumbuhan ekonomi salah satunya ditentukan oleh laju pertumbuhan penduduk. Faktor laju pertumbuhan penduduk tidak selalu memberikan sumbangan yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi.