Bagaimana pengaruh laju pertumbuhan modal manusia terhadap pertumbuhan ekonomi?

Pertumbuhan ekonomi

Modal manusia merupakan dimensi kualitatif dari sumberdaya manusia, seperti keahlian dan keterampilan, yang akan mempengaruhi kemampuan produktif manusia tersebut.

Bagaimana pengaruh laju pertumbuhan modal manusia terhadap pertumbuhan ekonomi?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yesi Hendriani Supartoyo, dengan judul penelitian “The economic growth and the regional characteristics: the case of Indonesia”, laju pertumbuhan modal manusia cenderung berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara tidak signifikan. Teori Solow menyatakan bahwa laju pertumbuhan modal manusia berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Modal manusia merujuk pada stok pengetahuan dan keterampilan berproduksi seseorang. Pendidikan ialah salah satu cara dimana individu meningkatkan modal manusianya. Semakin tinggi pendidikan seseorang, diharapkan stok modal manusianya semakin tinggi.

Pengaruh tidak signifikannya laju pertumbuhan modal manusia terhadap pertumbuhan ekonomi antara lain disebabkan karena tidak digunakannya lag jumlah mahasiswa yang sedang menempuh studi di perguruan tinggi. Hal ini mengindikasikan jumlah mahasiswa yang belum menamatkan studi dari perguruan tinggi merupakan variabel yang kurang tepat menggambarkan teori human capital .