Bagaimana pengaruh kondisi gigi lengkap terhadap status gizi lansia?

Bagaimana pengaruh kondisi gigi lengkap terhadap status gizi lansia ?

Gigi memiliki fungsi untuk pengunyahan, berbicara, dan estetika. Kehilangan gigi pada lansia berdampak pada berbagai persoalan, salah satunya pemenuhan nutrisi. lalu, bagaimana pengaruh kondisi gigi lengkap terhadap status gizi lansia ?

1 Like

Kesehatan gigi dan mulut merupakan faktor penting bagi gizi seseorang. Terdapat potensi yang jelas bahwa kondisi gigi dan mulut memiliki efek merugikan pada gizi pasien. Berdasarkan studi, dilaporkan bahwa satu dari lima manula memiliki keadaan mulut yang menghalangi mereka memakan makanan yang mereka pilih. 15% membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghabiskan makanan mereka dan kenikmatan makanan tersebut biasanya berkurang karena kondisi mulut mereka, 5% menghindari makan makanan tertentu karena masalah pengunyahan.

Hubungan antara keadaan gigi geligi, fungsi pengunyahan dan asupan gizi sangatlah penting. Efek tidak adanya gigi mempengaruhi gizi dan status kesehatan seseorang dan merupakan kasus kesehatan yang sangat penting, tapi sering diabaikan. Menurunnya kemampuan mengunyah dapat mengarah pada perubahan pemilihan makanan untuk pasien dengan resiko status gizi yang terganggu.

Menggunakan metode stratified random sampling yang terdiri atas 3 kecamatan di kota Makassar yaitu kecamatan Ujung tanah, Tamalate dan Ujung pandang sehingga diperoleh 163 responden sebagai sampel. Hasil analisis data menunjukkan sebagian besar sampel memiliki IMT normal, artinya manula yang memiliki kondisi gigi lengkap ternyata akan memberikan status gizi yang baik.

Referensi

Munandar, Hijrah. 2014. Pengaruh Kondisi Gigi Lengkap Terhadap Status Gizi Manula Di Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin Makassar